Follow Me @rezadiasjetrani

Sabtu, 12 Agustus 2017

Mau Liburan Ke Dieng ? Nginep Di Tani Jiwo Hostel Aja.

Pada tanggal 4,5,6 Agustus 2017 kemarin, aku diajak oleh sahabatku dari jaman kuliah yakni Bayu untuk menyaksikan gelaran Dieng Culture Festival 2017. Sebenernya sih si Bayu ini mau ngajakin gebetannya, cuman berhubung kisah mereka rada rumit, akhirnya nggak jadi. Sebagai sohib yang selalu setiap setiap saat kayak Rexon* akupun terjebak nemenin dia ke Dieng selama 3 hari 2 malam.
Paket Dieng Culture Festival 2017
Believe it or not kami motoran dari Jogja. Bukan hal yang aneh sih soalnya Jogja-Dieng deket, cuman si Bayu ini badannya genduut banget jadi bayangin dong sisa seat di jok motor kayak apa. Belom lagi kami bawa 3 tas ransel, soalnya Bayu bawa 1 tas khusus berisi drone yang harganya bahkan lebih mahal dari motorku jadi kudu digendong baik-baik.

Setelah dia menjemputku di kantor, kami sempat pulang ke rumahku untuk mandi dan bersiap-siap. Berangkat sekitar jam 4 sore, kami sampai di Dieng sekitar jam 7 malam. Sempat kena gerimis di jalan meski nggak lama dan udaranya super dingiiiiiiin.

Nah, sebelum menuju kesini, Bayu udah milih penginapan dari hasil rekomendasi teman-temannya di CNN (yang waktu itu liputan DCF 2017) bernama Tani Jiwo Hostel. Katanya sih bagus dan masih baru. Dari pertigaan yang ada tulisan DIENG super gede, kami belok ke kanan (arah candi/ Indom*ret. Hostel ini letaknya persis di pertigaan arah candi Arjuna, di kanan jalan dan ada patung macan di depannya. Nggak bakal nyasar karena bangunan hostel ini mencolok dan nampak modern dibanding bangunan lainnya.
Begitu masuk ke lobby, kesan luas, minimalis dan bersih langsung terasa. Ada beberapa sofa yang diletakkan di beberapa sudut, jadi kalau kita mau janjian sama temen atau mau ngobrol sama tamu bisa enak duduk dimana aja. Seluruh tembok di cat warna putih dengan hiasan tanaman di atas papan yang dipaku ke dinding. Ada juga motor klasik yang ditaruh di bawah tangga.

Tarif Menginap di Tani Jiwo Hostel

Tarif per malamnya waktu itu Rp 150.000, 00 per bed, bukan per room ya karena dari namanya kita udah tau bahwa rata-rata hostel pasti berbentuk dormitory. Ada kamar yang isi bednya 4, 6, hingga 8. Ada dorm khusus cowok, cewek, dan juga campur.
Dorm cewek isi 8 bed.
Setiap bed dilengkapi dengan seprei bersih, 1 buah bantal, selimut tebal juga lampu baca (dan colokan guys. Jadi jangan lupa bawa colokan T biar nggak perlu ribet kalo mau nge-charge gadget kamu ya).

Buat kalian yang nggak mau tidur di dorm, jangan khawatir, ternyata ada kamar untuk keluarga dengan bed berukuran besar yang juga dilengkapi kamar mandi dalam. Harganya malah lebih murah, waktu itu Rp 450.000,00 bisa buat berempat. Oh iya semua tamu dapet sarapan juga setiap pagi. Lumayan banget kan?

Naik ke lantai 2, kita akan menemui kamar mandi laki-laki dan perempuan (dipisah lho ya jadi jangan sampe salah masuk). Untuk dormitory, kamar mandi dan WC ada di lantai 2, jadi kalo kamar kamu di lantai 1 ya kudu naik turun.
Tersedia 3 bilik shower saja dan 2 bilik WC kering
Masuk ke dalam, kita akan menemui meja besar yang bisa dipakai buat belajar, baca buku, meeting, atau nonton TV. Terdapat rak berisi koleksi buku dengan berbagai macam genre. Di sebelahnya ada dapur komplit dengan teh, kopi, gula, dispenser air panas dan juga tempat cuci piring yang semuanya bisa kita pakai gratis! Wih, asik banget apalagi udara di Dieng super dingin dan aku terbiasa minum panas sebelum tidur. Mayan kan bisa irit mau bikin kopi atau teh panas berkali-kali. Kompor juga bisa dipakai buat masak ala kadarnya kalo misal kita mau bikin mie atau memanaskan sesuatu.
Suasana di lantai 2
Sayang, hampir sebagian besar tamu "males" nyuci peralatan makan yang mereka pakai. Padahal udah ada tulisan yang menurutku cukup jelas banget bahwa semua peralatan makan bisa dipakai dan diharapkan membersihkan kembali peralatan tersebut. Apa sih susahnya nyuci piring sama gelas bekas kita sendiri? Heran banget kebiasaan geletekin sembarangan. Bukan apa-apa, jumlah karyawan dan peralatan makan disini terbatas, sedang jumlah tamu kan lumayan. Bayangin kalo setiap orang ambil 1 piring, 1 gelas buat bikin teh, trus ambil lagi buat bikin kopi. Giliran ada yang mau make, eh gelas atau piring bersihnya abis. Kan KZL ya.

Oke lanjut lagi.

Di samping tempat cuci piring ada sekat kaca yang tembus ke ruang santai. Ini nih lokasi favorit aku buat nongkrong. Jadi disini ada sofa panjang dengan bantal-bantal empuk di bagian sudut. Di sebelahnya banyak meja kursi kayu yang juga bisa dipakai ngerumpi atau makan. Atapnya berupa kanopi yang ketika pagi-sore tentunya bikin terang dan hangat. Tapi kalo malem asik banget buat nongkrong soalnya lampunya temaram romantis gitu. Uhuy!
Sudut favoritku nih!

Buat kalian yang suka ngopi, hostel ini punya warung kopi dong di rooftopnya alias di lantai 3. Kalo malem sering ada yang live music juga sih. Berhubung aku nggak suka ngopi, palingan cuman nemenin Bayu sama Anna  (kenalan kami di hostel) sambil baca buku di ayunan atau sambil liatin pemandangan Dieng dari atas. Sekedar saran, berhubung rooftop ini terbuka (ada kanopi tapi nggak ada dindingnya), udara dingin langsung menerpa kulit. Buat kalian yang nggak tahan dingin kayak aku, sangu jaket + kaos kaki atau malah selimutan sleeping bag sekalian ya. Padahal waktu itu sore sekitar jam 5 tapi dinginnya duh mak ! Duduk di ayunan sambil baca buku di dalem SB ternyata super seru, hehe.
Di belakang ayunan, ada bangunan tertutup berupa joglo yang bisa dipakai sebagai ruang pertemuan / hajatan. Kali aja ada yang mau lamaran atau nikahan privat disini. Bisa banget soalnya tempatnya lumayan luas.
Joglo dan pemandangan dari rooftop
Nah buat kalian yang pengen nginep juga disini, bisa kepo dulu instagram mereka di @tanijiwo guys. Karyawan disini ramah-ramah banget !

Lokasi Tani Jiwo Hostel

Jln. Raya Dieng No.31, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia