Follow Me @rezadiasjetrani

Jumat, 05 April 2019

5 Jutaan Keliling Singapore - Malaysia - Thailand

Lima jutaan buat keliling Singapore, Malaysia, dan Thailand mungkin bagi sebagian orang murah, tapi pasti ada yang bilang mahal.  Soalnya aku pernah baca ada yang abis cuman 3 juta doang (wow).

Sebelum dikomentarin, aku jelasin dulu bahwa yang namanya mahal atau murah itu relatif. Hal itu juga tergantung transportasi apa yang kita naiki karena harga tiket (apalagi pesawat amat berpengaruh). Belum lagi penginapan yang kita pilih. Kalau nginepnya di hotel afau resort ya nggak bisa dibandingin sama yang coachsurfing atau tidur di tipe kamar dormitory. Jadi, semua itu kembali lagi ke akomodasi yang kita pilih ya guys

Liburan ini direncanakan dadakan, yaitu H-9 sebelum keberangkatan. Tiket pesawat baru beli H-7, hotel baru selesai dibooking H-2 keberangkatan. Jadi kalau ada yang nanya kami dapet tiket promo atau enggak, ya jelas enggak. Kami cuman berusaha cari tiket termurah aja waktu itu.

Terlebih, aku juga liburan bareng mami. Jadi meskipun berusaha irit, ada beberapa transport seperti grab selama di Thailand dan Kuala Lumpur yang kami pilih soalnya kalau naik bis atau MRT, kasian mami jauh. Udah mulai tepar karena di Singapore jalan mulu dan sempet mabok pas naik van gara-gara sopirnya ngebut 😅. Tapi karena dibagi 4 orang, sebenernya jatuhnya sama aja sih dan lebih nyaman. Mungkin kalo sendiri atau berdua doang aku bakal naik MRT sama bis kemana-mana. 

Baca Juga : Tips Liburan Ke Luar Negeri Pertama Kali 

Yang perlu digarisbawahi lagi adalah di Malaysia aku mampir ke Melaka sekalian, bukan hanya Kuala Lumpur. Terus di Thailand aku juga lanjut ke Cha Am (Santorini Park), Hua Hin (Hua Hin Beach + Hua Hin Station) baru explore Bangkok.

Baca Juga : Cara Menuju Melaka dari Singapore

Jadi rute ini agak lumayan panjang dan destinasinya juga lumayan banyak. Alhamdulillah dedek bayi yang umurnya lagi 5 bulan dalam kandungan mau diajak kerjasama selama liburan. Nyaris nggak ngeluh capek, kram perut, diare, atau apapun itu. Pegel-pegel pun bisa diatasi berkat rajin ngolesin Hot and Cream sebelum tidur 😅😅😅.

Dalam trip yang kulakukan pada Maret 2019 ini, ada 4 peserta :
1. Aku sendiri kondisi hamil 5 bulan 😍😍
2. Holly sahabatku, seumuran. Masih mencari jodohnya 😅.
3. Mamiku, usia 57 tahun 💪💪💪
4. Kiki, kelahiran 1992. Sama kayak Holly, masih nyari jodoh juga 😅.

Transportasi yang kunaiki :
1. Pesawat 3 kali, beli via Airpaz dan Traveloka :
  • Jakarta - Singapore
  • Malaysia - Thailand
  • Thailand - Jakarta
2. Bis 2 kali, beli on the spot
  • Singapore - Melaka
  • Melaka - Kuala Lumpur
3. Van 2 kali, beli on the spot :
  • Bangkok - Cha Am
  • Cha Am - Bangkok
4. Sewa motor untuk eksplore Cha Am dan Hua Hin di Thailand.
5. Kapal untuk menyusuri sungai Chao Phraya selama di Bangkok.
6. Grab selama di Malaysia dan Thailand.
7. MRT dan bis selama di Singapore (taksi dan grab di SG relatif lebih mahal).

Untuk penginapan, aku memesan 3 tipe kamar dan berganti 6 kali:
1. Dormitory isi 4 orang di Singapore 1 malam, di Bangkok 2 malam, Melaka 1 malam.
2. Family Room di Bangkok 1 malam.
3. Resort keluarga di Cha Am 1 malam (kolam renang, 2 kamar 4 kasur, dapur + microwave, alat makan komplit, garasi, teras, tempat buat jemur baju, kamar mandi shower + bath up).

Pesan via : Agoda, Traveloka, dan booking.com 

Budget ini termasuk :
1. Harga semua tiket pesawat.
2. Tiket bis
3. Tiket van
4. Sewa motor
5. Penginapan
6. Makan selama liburan
7. Oleh-oleh di semua lokasi
8. Biaya buat bis, grab, naik kapal, masuk tempat wisata
9. Jajan-jajan selama liburan


Oke baiklah, biar nggak ribet jelasinnya, berikut ini bakal aku share BUDGET LIBURAN KE 3 NEGARA ASEAN (Singapore, Malaysia, Thailand) : 
Oiya, budget itu belum termasuk sama transportasi dari rumahku di Pamulang ke Bandara Soekarno Hatta  (grab 40 ribu/ 4 orang ke Lebak Bulus + Damri 40 ribu/ orang x 2 untuk PP ) dan belum termasuk beli tumbler Starbucks 3 negara senilai kurang lebih Rp 600 ribu. Maklum, aku koleksi hehe 😅. Nggak kucantumin soalnya biaya transport ke bandara bakalan beda-beda dan beli tumbler kan juga pilihan pribadi setiap orang. 

Semoga detil pengeluaran ini bisa membantu sebagai gambaran biaya bagi temen-temen yang mau liburan juga. Mau lebih irit atau lebih boros, nggak usah dipusingin. Intinya tujuan dari liburan adalah refreshing kan? Uang bisa dicari, tapi waktu nggak bisa dibeli.

XOXO,
JETRANI

2 komentar: