Follow Me @rezadiasjetrani

Selasa, 06 Juni 2017

Ke Curug Cimahi (Lagi)

Selama 5 hari 4 malam dari tanggal 5 Juni hingga 9 Juni 2017 kemarin, aku dan ke sembilan orang teman yang lolos seleksi dalam sebuah kontes di media sosial, beruntung untuk mengikuti rangkaian acara Explore Indonesia khususnya #explorebandung bersama @airport.id
Ini dia para peserta #explorebandung. Kami berkumpul di kantor @airport.id
Perjalanan pertama diawali dengan naik pesawat Jogja-Jakarta yang hanya sekitar 60 menit. Sampai di terminal 1 bandara Soetta, aku segera bergabung dengan rekan lainnya yaitu Gandung dari Surabaya dan Rahaps dari Batam yang sudah menunggu di terminal 3 untuk menuju kantor Airport.id dimana ketujuh teman yang lain sudah menunggu.

Dari bandara, kami memesan taksi Blue Bird selaku taksi resmi bandara Soekarno Hatta.

Percayalah, perjalanan dari Jogja -Jakarta jauh lebih cepat dibanding perjalanan dari Bandara Soetta ke Kabayoran yang hampir 2 jam sendiri karena macet.

Setelah semua kumpul, kami langsung menuju Lembang, Bandung menggunakan bus dari Blue Bird. Setiap orang bisa dapet 2 seat sendiri karena bis ini kapasitasnya 25 orang tapi hanya diisi 12 orang. Super legaaaa !
Tim #explorebandung sudah sampai di Curug Cimahi
Hari pertama kami langsung menuju Curug Cimahi buat ngabuburit sambil nungguin lampu di air terjunnya dinyalain.

Curug atau Air Terjun Cimahi ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Bandung, karena memiliki ketinggian 87 meter. Kalau nama Curug Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya,yaitu Sungai Cimahi yang bersumber dari Situ Lembang.

Kalau kata Bapak penjaganya, buat menuju air terjun kita harus melalui jalan menurun yang memiliki kemiringan 45 derajat. Kita juga harus "menghadapi" 587 anak tangga sepanjang 500 meter.

Lokasi Curug Cimahi

Curug ini terletak di Kertawangi, Cisarua, Jln. Kolonel Masturi No.325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sebelumnya aku pernah kesini bersama teman-temanku sehingga ini adalah kedatanganku yang kedua.

Rute Menuju Curug Cimahi

Untuk menuju lokasi Curug Cimahi, kalian bisa menggunakan banyak jalur alternatif baik dari arah Cimahi, pusat kota Bandung, ataupun dari Lembang. Salah satu akses paling mudah adalah melalui jalur Lembang – Parongpong, satu arah dengan Dusun Bambu. Nah dari situ kalian cukup menyusuri jalur tersebut sampai ke terminal angkot Cisarua yang terletak kurang lebih 1 KM sebelum pertigaan ke Dusun Bambu.

Nantinya pintu masuk Curug Cimahi berada persis di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi. Ada plangnya gede banget kok jadi mudah ditemukan.

Tiket Masuk Curug Cimahi

Kamu bisa masuk ke lokasi ini dengan membayar tiket sebesar Rp 15.000, plus kalau membawa motor bayar Rp 2000 untuk parkir motor.

Smile :)
Setelah membayar tiket masuk dan foto-foto, kami segera turun ke arah spot 1. Sayang waktu kami kesana akses jalan ke bawah curug lagi diperbaiki. Boro-boro ke curug, mau ke spot 2 aja nggak dibolehin.  Harus puas dengan foto-foto di spot 1 aja :)
Menjelang Magrib, lampu curug pun dinyalakan. Seriusan cantik banget! Waktu pertama kali kesini masih pagi jadi nggak sempet liat. Pas udah nyala kereeeen bgt beneran warna-warni kayak pelangi. Sayang kameraku kurang mumpuni buat motret warna pelangi di air terjun (lebih tepatnya gagal mulu motretnya), hehe. Dinikmatin pakai mata sendiri aja deh ya. Tapi salah satu temenku berhasil motret, hasilnya cukup bagus.
Ini foto dari drone punya mas Dimas
Setelah puas, kami segera kembali ke bis untuk mencari makan buka puasa dan menuju Lembang Asri Resort untuk beristirahat.