Follow Me @rezadiasjetrani

Selasa, 13 Juni 2017

Buka Puasa Kekinian dengan Sajian Botram Ala Sunda.

Udah siap makan nih !
Pernah denger kata botram ? Atau jangan-jangan kalian tukang botram nih ?

Apa Itu Botram ?

Buat yang belum tahu, botram adalah sebuah istilah dalam bahasa Sunda yang merujuk pada sebuah acara makan. Acara makan ini dilakuin bareng-bareng dan bisa dimana aja.
Bisa di halaman atau kebun, pantai, rumah, tempat makan, pokoknya dimana aja yang penting santai.

Sebenernya tujuan botram ini biar setiap orang yang ikut makan jadi tambah akrab, istilah kerennya buat mempererat atau mengikat kekeluargaan, tali persaudaraan (dan senang-senang pastinya).

Nah, dalam sajian botram ini semua makanannya sama. Nggak ada yang lebih enak dari yang lain karena botram tidak mensyaratkan makanan lezat ala koki.
Ayam gorengnya menggoda
Ketika mengikuti acara dari airport.id di Lembang kemarin, akhirnya aku bisa ngerasain sajian botram untuk pertama kali (yeay!) 😂 . Udah sering liat menu ini di beberapa rumah makan, tapi karena harus makan ramean jadi agak susah ngumpulin massa.

Aku makan sajian botram ini di Lembang Asri Resort. Buka puasa - sambil liburan - di Lembang - rame-rame ----> SEMPURNA ! Kami makan ber-12 ditambah tim manajerial dari Lembang Asri Resort.

Meski sebagian adalah orang penting, pas makan botram ini nggak ada tuh yang namanya jaim atau merasa lebih dari yang lain. Semua sama. Semua makan nasi beralaskan daun pisang sambil ngobrol-ngobrol seru dan ketawa-ketiwi. Kayaknya bakal nyobain lagi nih di Jogja karena masih kebayang serunya

Menu Wajib Botram 

Ada menu wajib yang nggak boleh dilewatin ketika botram yaitu nasi liwet, sambal terasi, lalapan, krupuk bulat, dan ikan asin. Untuk lauknya sih bisa bervariasi, boleh ikan asin, tempe goreng, ayam, oseng jengkol, pete goreng cabai dan yang lainnya sesuai selera. Duh tapi kalo ada pete atau jengkol kayaknya aku yang jadi males makan. Nggak doyan, hahaha.

Kalau menu sajian botram kami kemarin ada nasi putih, tahu tempe, ayam goreng kremes, ikan asin, oseng taoge + tahu, lalapan, dan sambel . Terus ada juga sop kacang merah yang rasa kuahnya mirip sayur asam. Enaaaak dan super kenyaaaang. Sampe nggak sanggup ngabisin.
Berhubung buka puasanya di hotel, kami dikasih appetizer juga. Ini nih penampakannya. Dilarang pengen dan dilarang nanya rasanya. Karena jawabannya udah jelas. So yummy. Berkah puasa banget Alhamdulillah.
Thanks to Lembang Asri Resort atas sajian botramnya yang wenaaak.

Kenyang makan, akhirnya kami duduk -duduk cantik di tepi kolam. Sebagian temen-temen yang cowok malah sempet bikin kopi karena ada alatnya dan emang dibolehin buat bikin sendiri.

Kelar ngopi dan me-rileks-kan perut yang super kenyang, kami pun berjalan ke arah lapangan mini yang ditengahnya udah dibikinin api unggun.
Malam terakhir kami.
Iya....ini malam terakhir kami bersama. Besok pagi kami meluncur ke kota Bandung untuk menuju Trans Studio Bandung kemudian lanjut ke Jakarta menggunakan bis dari Blue Bird pastinya. Karena itu malam ini kami mau bikin sesi sharing (dan curhat) sambil mengelilingi api unggun biar berasa camping. Biar nggak kedinginan juga secara Lembang super adem. Nanti bakal aku bahas soal temen-temen #exploreindonesia dan #explorebandung di blog selanjutnya ya :).

Supported by :

Airport.id
Lembang Asri Resort
Blue Bird

#explorebandung
#exploreindonesia
#EI2017
#EIBandung





2 komentar:

  1. Kemecer nih, sajian makanannya enak beud... salam kenal mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. paket lengkap jadi keliatan banyak dan bikin kenyang mas, hehe. salam kenal juga :)

      Hapus