Follow Me @rezadiasjetrani

Sabtu, 10 Agustus 2019

Bisakah Periksa Kandungan Rutin Pakai BPJS Di RSKIA Sadewa?

Panjang amat yak judulnya πŸ˜…. Tapi jawaban dari pertanyaan diatas adalah....bisa.

Loh, kok bisa? Gimana caranya?

Emang bisa dan dijamin gratis, tapi dengan catatan :

1. Dapet surat rujukan dari Faskes tingkat 1 tempat kita periksa (kalo aku Puskesmas). Rujukan ini kita nggak minta, tapi atas pertimbangan dari dokter yang meriksa kita.

2. RSKIA yang kita datengin buat periksa (dalam kasusku Sadewa), bekerjasama sama Faskes terkait.

Jadi kalo kalian peserta BPJS terus tiba-tiba dateng ke Sadewa buat periksa tanpa ada surat rujukan, ya KALIAN TETEP BAYAR MANDIRI, meski Sadewa bekerjasama sama BPJS / Faskes.


Kalo aku kemarin, emang udah punya riwayat kolesterol tinggi gara-gara aku suka makan jeroan, sate gajih, daging sapi dan ayam seminggu bisa lebih dari sekali, dll. Pas periksa bulanan buat cek kolesterol  ternyata sampe 313 (padahal normalnya dibawah 200).

Karena lagi hamil dan aku ngeluh sering pegel-pegel sama telapak kaki rasanya sering kesemutan, sama dokter umum di puskesmas aku disaranin buat cek aja ke obgyn trus dikasih rujukan. Sama petugas yang ngurusin surat rujukan, aku disuruh milih mau ke RS mana. Ada RS Sakina Idaman, Queen Latifa, Condong Catur, dll dll terus kuliat ada RSKIA Sadewa. Yaudah aku kesana aja.

Baca Juga : Biaya Cek Kehamilan di RSIA Buah Hati Pamulang

Buat yang nanya kenapa aku mau lahiran di Sadewa, soalnya emang reviewnya bagus, temen-temenku banyak yang lahiran disana, kerjasama sama BPJS, pun kalo bayar mandiri biayanya terjangkau dan reasonable. Soal dokter sama petugasnya gimana aku belom tau sama sekali, tapi ntar kalo periksa kesana jadi tau kan. Oiya RSKIA ini punya bupati Kulon Progo, Pak Hasto yang ganteng dan terkenal baik hati itu. Googling sendiri lah ya detilnya.

Abis dapet surat rujukan, langsung aku sama mami berangkat ke Sadewa buat periksa. Sampe di Sadewa, langsung ambil nomer antrian. Nanti setelah dipanggil, kita nyerahin berkas-berkas seperti fotokopi KTP, fotokopi BPJS, fotokopi KK, surat rujukan asli, abis itu langsung dibikinin kartu periksa kayak gini.
Langsung jadi kartunya. 
Abis jadi "member", buat periksa berikutnya kita bisa daftar via Whatsapp dengan format kayak gini :
Ini format daftarnya ya buk-ibuk.
Jadwal dokter di RSKIA Sadewa
Waktu itu dapet dr. Okta. Bapak-bapak umurnya sekitar 60 tahun, keliatan senior dan pinter tapi karena biasa sama dr. Ismail yang ramah, dr. Okta ini menurutku lebih "serius dan kaku". Aku nggak bilang beliau jutek lho.

Terus ditanya dong, keluhannya apa. Aku jawab, "Kalau keluhan hamil nggak ada Dok, biasa-biasa aja. Tapi saya dirujuk kesini karena kolesterol saya tinggi sampe 300."

Eh kata dokter Okta,"Kalau ibu hamil udah biasa itu kolesterolnya tinggi. Nggak masalah itu."

Oke bhaique~~
Lha aku kan cuman manut dokter di puskesmas.

Abis itu kandunganku diperiksa. Ketuban cukup, warna jernih, posisi kepala janin dah dibawah, plasenta juga posisinya aman, panjang janin...berat janin...pokoknya dikasih tau semua. Abis itu dr. Okta duduk lagi, nulis rujukan baru buat periksa lagi (Alhamdulillah), sama nulis resep obat. Terus aku dikasih amplop sama perawat yang isinya foto hasil USG.

Terus aku dikasih map kuning dan suruh ngasih ke kasir sama bagian farmasi. Dapet nota pembayaran juga tulisannya 95 rebu (MURAH BANGET UDAH SAMA PERIKSA + OBAT + PRINT HASIL USG DONG! γƒΎ(*´∀ Λ‹*)οΎ‰

Aku pikir bakalan bayar, karena tulisannya total 95 ribu bukannya nol. Ternyata nggak bayar sama sekali alias GRATIS karena aku pakai rujukan BPJS. Meski bayar juga nggak papa (beda jauh sama biaya periksa di Buah Hati), tapi gratis juga nggak nolak yekaaaan πŸ˜….

Periksa berikutnya, aku ganti dokter. Bukan apa-apa sih, mas X lebih sreg kalau aku periksa dan lahiran sama dokter cewek. Gantilah aku periksa sama dokter Ayu.

Buat kalian yang mau periksa sama dokter Ayu, minimal daftar seminggu sebelumnya karena dokter Ayu ini super penuh jadwalnya. Aku yang daftar dadakan, dapet nomer antri 27 huwooo~~~

Dokter Ayu ini masih muda. Kayaknya umurnya 40 an, cantik dengan rambut pendek bergelombang. Pembawaannya ramah dan banyak senyum. Sekali ketemu aku langsung sreg dan mantap buat lahiran sama dokter Ayu aja. Oiya dokter Ayu ini juga nanya keluhanku apa, obatnya masih enggak, terus ditanya-tanya juga enak.

Lagi-lagi selesai periksa (USG dll) aku dapet rujukan baru lagi buat periksa 2 minggu kemudian (gratis lagiiiii. Padahal gara-gara kolesterol yang aslinya nggak masalah buat bumil) dan hasil foto USG. Tapi aku nggak minta obat karena obatku yang kemarin masih. Periksa kedua ini abisnya 83 ribu.


Tapi aku periksa kandungan rutin di RSKIA Sadewa ini cuman sempet 2 kali. Soalnya sebelum jatah periksa berikutnya, baby S udah lahir duluan dan aku lahiran sama dokter Ayu. Berikutnya aku ceritain soal gimana pengalaman lahiran (lagi-lagi) pakai BPJS di RSKIA Sadewa ya \(^o^)/

Xoxo, 
JETRANI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar