Follow Me @rezadiasjetrani

Rabu, 06 Februari 2019

Segarnya Soto Daging Sapi Bu Pujo di Pasar Beringharjo

Sebagai warga Jogja, aneh rasanya kalau nggak tau pasar Beringharjo. Yang dari luar kota aja pada tau dan sering belanja kesini. Beringharjo adalah pasar tradisional terbesar di Yogyakarta yang menjual berbagai macam barang, mulai dari batik yang jadi favorit wisatawan, beragam asesoris, souvenir pernikahan, kebutuhan rumah tangga, aneka tas, sepatu, hingga tak ketinggalan beragam jenis kuliner. Pasar ini emang mampu menjadi magnet bagi wisatawan maupun warga Yogyakarta sendiri untuk selalu mengunjunginya.

Ngomongin soal kuliner, kita bakal dengan mudah menemukan penjual makanan dari yang cuma berjualan di kios, selasar pasar, pinggir-pinggir jalan, sampai mereka yang berkeliling. Di lantai satu ada yang jual sate ayam, sate kere (aduuuuuhhh ngebayanginnya bikin pengen), nasi rames, bakso, mie ayam dan soto. Naik ke lantai dua, ada yang jual empal, gado-gado, tengkleng, nasi dan lauk-pauk, soto daging, buah-buahan juga sayuran segar. Intinya sih nggak bakal kelaperan kalau belanja ke pasar ini.

Di salah satu sudut pasar, tepatnya di Los H lantai dua Beringharjo, terdapat sebuah warung makan legendaris yang harus kalian coba, yakni soto daging. Meski "hanya" menjual soto, tapi tempat makan bernama Warung Soto Daging Sapi Bu Pujo ini setiap harinya selalu ramai pengunjung lho.  Bahkan pas beberapa waktu lalu aku kesini sekitar jam 2 siang, warung soto ini masih rame aja.

Warung Bu Pujo sering disebut sebagai salah satu tempat makan legendaris di Beringharjo. Gimana enggak, warung soto ini setidaknya udah buka sejak tahun 1955. Mami bahkan belom lahir tuh tahun segitu.


Karena udah laper, aku dan mami yang siang itu abis belanja langsung pesen 2 porsi soto sapi komplit. Setiap porsinya berisi nasi putih, potongan kobis, tauge, bihun, irisan daging sapi, taburan bawang goreng, daun seledri, kemudian disiram dengan kuah bening yang segar dan gurih. Perpaduan kaldu sapi dan bumbu rempahnya terasa pas di lidah, ringan dan nggak berlebihan. Intinya sih kuahnya seger banget buatku.


Tampilan seporsi soto sapi Bu Pujo.
Kalau irisan daging dan berbagai taburannya dirasa kurang, kalian juga bisa menyantap soto dengan beberapa lauk tambahan, ada tempe "garit" goreng, baceman tahu  tempe, peyek, dan beberapa lauk lainnya. Aneka cemilan seperti peyek ditata rapi di dalam toples jadul yang merupakan warisan turun-temurun. Jadi nggak hanya mempertahankan cita rasa, Bu Pujo juga mempertahankan suasana lawas di warungnya.
Nuansanya jadul banget.
Deretan meja dan kursi panjang yang terbuat dari kayu, juga beberapa buah toples kuno yang berjajar di atas meja memang memperkuat kesan lawas warung makan ini. Inget banget dulu di rumah simbah juga banyak toples ini. Sekarang kayaknya udah pada pecah 😁.
Toples-toples yang udah kosong.
Selain soto, es campur di warung soto Bu Pujo ini juga jadi favorit pembeli. Terdiri dari campuran santan matang berpadu dengan sirup gula berwarna merah yang diberi isian kelapa muda, cincau hijau, cendol dan es batu, es campur ini menjadi penyempurna setelah menikmati seporsi soto. Wajib coba juga nih guys.

Untuk harga, jangan khawatir. Kalian pasti tau juga kalau Jogja ini surganya kuliner enak dengan harga terjangkau. Satu porsi soto bisa dinikmati hanya dengan Rp 12 ribu, sedang untuk es campurnya hanya Rp 5 ribu. Murah meriah kan?

Best Time to Visit: 
Setiap harinya warung soto ini melayani pembeli dari jam 08.00 pagi sampe jam 15.00 sore.  Tapi paling enak kalau dateng kesini pagi jam 08.00 sampai jam 10.00 karena makan soto pagi-pagi paling nikmat, toplesnya masih penuh semua, dan tempe garitnya baru digoreng jadi enak dimakan panas-panas.

Info Buat Yang Mau Makan Disini : 
Berhubung warung soto ini ada di dalam pasar, kondisi kebersihannya nggak sebersih di restoran (tapi menurutku cukup bersih kok). Kalian juga harus melewati banyak pedagang buah dan juga sayur sebelum sampai disini, jadi kalau dari awal kalian udah nggak betah masuk ke pasar, ya mending jajan di tempat lain. Tapi buat kalian yang udah ada di pasar Beringharjo, saranku silakan mencoba kuliner legendaris yang satu ini.

Alamat :
Pasar Beringharjo, Los H - Lantai 2, Yogyakarta

Xoxo,
JETRANI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar