Follow Me @rezadiasjetrani

Selasa, 19 Februari 2019

Biaya Syukuran 4 Bulan Kehamilan

Bagi pasangan yang udah menikah, memiliki keturunan adalah harapan dan impian bukan? Sama seperti aku dan mas. Setelah menunggu kurang lebih selama 8 bulan, akhirnya berita bahagia ini datang. Yah, intinya aku akhirnya hamil dan siap menjadi calon ibu (cieeee).

Nah, karena kami dan juga keluarga sepakat buat ngadain syukuran 4 bulanan, tentunya ada beberapa persiapan yang harus dilakukan bukan, yakni : Pengajian. Pengajian atau syukuran 4 bulan kehamilan ini biasanya ngundang tetangga sekitar rumah atau ibu-ibu pengajian sekitar. Sebagai calon cucu pertama dari pihakku maupun mas, Alhamdulillah anak kami berlimpah kasih sayang. Mama dan mami sama-sama mau mengadakan syukuran.

BACA JUGA : Perlukah Syukuran 4 Bulan Kehamilan? 

Sabtu, 9 Februari 2019 pengajian di rumah mama (mertua) di Cilegon, Banten. Berhubung mama suka dan hobi masak, maka semua makanan yang dikeluarkan masak sendiri dengan bantuan saudara-saudara. Yang disiapkan sekitar 50 porsi nasi dus yang diisi ayam bakar, tahu tempe bacem, lalapan, dan nasi dibungkus daun pisang. Untuk snacknya ada puding yang diwadahi cup, sejenis risoles tapi isi daging, klepon, ketan kuning dibentuk bulet-bulet, lemper, dan nagasari. Berhubung mama yang bikin semua dan aku sungkan bertanya berapa biaya yang dihabiskan (plus mama juga aslinya nggak mau dibantu uang. Intinya aku sama mas terima beres aja), ya jadi aku nggak tau habisnya berapa. Waktu itu aku memberi uang tak sampai satu juta kepada mama (pastinya sih biayanya lebih dari itu). Terimakasih buat mama yang udah masak enak dan bikin aku gendut tiap kali pulang ke Cilegon ❤❤❤.

Berikut ini foto-foto syukuran di Cilegon : 

Seumuran semua :D
Bareng tante-tante + sepupu
Foto bareng temen-temen pengajian mama.
Kalau yang di Jogja, minggu depannya tanggal 16 Februari 2019  karena yang ngadain mami, aku bisa ngasih gambaran biaya yang dihabiskan. Bukan bermaksud apa-apa, siapa tau kalian juga ada yang mau syukuran, biar tau kudu nyiapin "budget" berapa. Hampir sama kayak mama, mami juga udah bilang kami terima beres aja. Yah, kurang bahagia apa kan aku sama mas semuanya dimudahkan. Lumayan uangnya bisa buat jajan-jajan. Tapi aku tetep ngasih uang juga ke mami meski nggak banyak. 

Berikut ini rinciannya:

Biaya ini tentunya bisa lebih bisa kurang, tergantung kalian mau meriah atau sederhana. Kalau pengajian biasa aja, paling keluar uang snack + nasi kotak + cetak undangan aja. Maksimal satu atau dua juta udah cukup. Tapi kalau mau lebih meriah, ya tentunya bisa lebih banyak dari itu.

Kalau ini adalah foto-foto syukuran yang di Jogja : 



Aku menggunakan besek sebagai wadah supaya lebih ramah lingkungan, meski masih ada "sampah" lain seperti pita dan kertas. 
Bagian dalam kuberi alas daun pisang dan diisi dengan ayam goreng. Maafkan sambelnya yang masih dimasukin ke dalam plastik huhuhu. Mau dituang gitu aja ntar "mbleber" kemana-mana :( . 
Ibu-ibu pengajian temen mami.
Foto bareng kakak-adek dan dekorasi hasil kreasi aku dan mas.
Foto bareng setelah pengajian
Foto keluarga! Seneng banget meski nggak komplit bisa ketemu sama sepupu-sepupu. 
Intinya sih, sesuaikan sama kemampuan aja. Yang penting bukan acara syukurannya, tapi doa dari keluarga, kerabat, tetangga, dan yang utama dari kedua orang tua calon bayi harus banyak ngaji, berkata baik, dan rajin baca Al Quran karena di usia kandungan 4 bulan ini, calon bayi udah bisa mendengar dan merasa kalau dielus-elus perutnya.

Jadi buat mas X suamiku, setelah ini makin rajin ya ngajinya, terus  jangan lupa elus-elus perutku sambil ngajak ngobrol si adek. Bonus pijitin kaki, punggung sama tangan juga nggak nolak. Aylafyu mas (zzzzzzzzzz).

Xoxo,
JETRANI

5 komentar:

  1. Skarang aja baru agustus blm sptember oktober 2019 ko udah 4bulanan y mba hhhhee mav

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaga ngantuk hahaha. Februari maksudnya. Terimakasih udah diingetin ya :)

      Hapus
  2. Klo ngupatti/4 bulanan itu harus tggl berapa ditempat kalian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya kebetulan pas di tanggalnya. Tapi yang acara kedua lewat seminggu dari tanggal :)

      Hapus