Follow Me @rezadiasjetrani

Senin, 10 Desember 2018

Squline, Kursus Bahasa Inggris Jaman Now

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Setiap harinya, jutaan orang menggunakan bahasa Inggris baik itu di tempat kerja atau di kehidupan sehari-hari. Ketika orang-orang dari bangsa yang berbeda saling bertemu, bahasa Inggris biasanya dijadikan bahasa penghubung yang digunakan oleh mereka. Termasuk aku yang serimg sekali traveling dan berinteraksi dengan banyak orang. Kemampuan bahasa Inggris meski hanya sekedar untuk sekedar bercakap-cakap tentu sangat diperlukan. Karena lingkunganku saat ini lebih sering bebahasa Indonesia dan daerah, aku ingin belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuanku.

Aku mulai mencari informasi tentang kursus bahasa Inggris, ternyata banyak banget pilihannya. Ada yang membuka kelas konvensional seperti tempat kursus pada umumnya dan ada juga kursus bahasa Inggris online dengan jadwal yang super fleksibel. Wah, ini cocok banget buat traveler sepertiku yang jam kerjanya tidak terduga. Maklum, kalau lagi ada liputan event, bisa keluar kota sehari-hari. Dengan sistem kursus online gini kayaknya bakalan cocok. Ini berlaku juga buat para karyawan atau pegawai yang jam kerjanya dari pagi sampai malem. Mereka juga bisa ikut kursus di waktu senggang kapanpun mereka mau tanpa perlu capek dateng ke tempat kursus.

Maklum, bahasa Inggris dalam dunia kerja saat ini udah sangat dibutuhkan. Dengan skill bahasa Inggris yang baik, karier juga bisa terus menanjak. Berkomunikasi via email atau via teleconference dengan perusahaan pusat ataupun perusahaan cabang di negara lainnya menjadi pekerjaaan sehari-hari bagi mereka yang bekerja di perusahaan asing.

Trus apa nama kursus bahasa Inggris yang kamu maksud, Jet?


Namanya SQULINE. Dari informasi yang kudapat, Squline bermula pada tahun 2013 silam, ketika dua pemuda bernama Tomy Yunus Tjen dan Yohan Limerta sedang berada di China dan banyak permintaan dari teman-temannya di Indonesia yang ingin belajar bahasa China. Yohan Limerta, yang kini menjabat sebagai CTO Squline, berkisah awal mula berdirinya Squline adalah untuk mempertemukan siswa yang ingin belajar bahasa Mandarin dengan guru di China yang mahir bahasa tersebut.

Permintaan tersebut membuat mereka menyediakan jasa penghubung antara murid yang hendak belajar bahasa China atau Indonesia, dengan guru bahasa yang ahli di bidang tersebut. Semakin ke sini, permintaan atas hal tersebut semakin besar, dan dari situ pula Tomy dan Yohan memandang ini sebagai sebuah kesempatan bisnis besar.

Hal ini didukung oleh kehadiran komputer, smartphone, dan koneksi internet yang makin kencang yang bisa membuat sistem belajar-mengajar bisa dilakukan di mana aja dan kapan aja. Kemajuan teknologi inilah yang membuat para pendiri Squline menyelenggarakan kursus bahasa asing lewat saluran video call berbasis Internet.

Kursus Bahasa Asing di Mana Aja

Untuk mengikuti kursus bahasa asing di Squline, tersedia berbagai program yang biayanya juga beragam menyesuaikan program masing-masing. Untuk belajar bahasa Inggris misalnya, biayanya mulai dari Rp 690 ribu untuk 8 sesi dalam 1 bulan untuk SHORT COURSE. Ada juga BRUSH UP yaitu 1 sesi perhari selama 6 bulan, dan beberapa pilihan lainnya yang bebas kita pilih sesuai keinginan. Kelas dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam setiap harinya.

Sebagai aplikasi yang menyediakan layanan berbayar, Squline juga menerapkan sistem pembayaran di dalam aplikasinya, jadi pengguna bisa membayar melalui transfer bank, internet banking, maupun kartu kredit.

Mengapa kursus online lebih efektif daripada kursus konvensional ?

Ketika kita belajar bahasa asing secara konvensional, kita akan mengalami beberapa kesulitan seperti berikut teman-teman:

1. Susahnya mengatur jadwal kelas antara kita dan guru
2. Waktu yang terbuang untuk mencapai tempat kursus
3. Tenaga pengajar yang tidak berpengalaman atau bukan pengajar asing / native
4. Biaya yang mahal
5. Bosan dan materi pembelajaran yang tidak menyesuaikan dengan masing masing murid

Karena itu Squline hadir untuk mengatasi kendala yang ada pada proses belajar mengajar konvensional di tempat kursus.

Metode Pengajaran dan Metode Belajar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi Squline. Pilih kursus bahasa yang kita inginkan, terus masukkan data-data yang dibutuhkan. Kita bisa memilih jam, hari dannjuga tanggal yang sesuai dengan waktu senggang kita. Gurunya juga bisa milih lho. Kita juga bakal dapet 1 free session. Asik kan!


Setelah memesan jam untuk placement test, aku pun menunggu waktu tes itu tiba. Deg-degan sih soalnya udah lama nggak ngobrol sama orang asing. Paling nyeletuk-nyeletuk atau kosa kata ala kadarnya. Waktu itu aku pesan kelas jam 10 pagi dan tepat jam 10 kelas dimulai. Aku terhubung dengan Miss Zaidee Camaclang. Kami terhubung melalui video call melalui aplikasi Squline yang sudah kudownload sebelumnya. Selain itu kita bisa pakai Skype juga.

Tes berlangsung selama 30 menit. Sebelumnya aku sudah membaca materi yang bisa didownload oleh setiap peserta tes tergantung tes atau kelas yang dia ikuti saat itu, jadi nggak terlalu bingung. Selama 30 menit miss Zaidee menanyaiku banyak hal, tentang ambisi dan mimpi, tentang kesibukanku saat ini dan menampilkan sejumlah tokoh terkenal kemudian aku disuruh menjelaskan apa yang ku tahu tentang orang-orang tersebut.

Menyenangkan sih ikut kelas online seperti ini. Kalau nggak bisa jawab atau bingung tinggal bilang dan teacher kita akan membantu kita mencari kata atau membuat kalimat yang tepat. Nggak perlu takut dipelototin juga soalnya muka teachernya waktu tes kemarin nggak nongol, yang nongol gambar materi tes aja, hehe. Teachernya juga sabar dan telaten menghadapi murid seperti aku yang masih suka ngomong dicampur bahasa Indonesia.

Berdasarkan pengalaman kemarin, aku bisa membuat kesimpulan sederhana.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan Squline yaitu:
1. Jadwal kelas sangat fleksibel karena kita bisa memesan kelas setiap hari Senin- Sabtu pukul 9:00 – 21:00
2. Kita bisa belajar dari mana aja karena kelas dapat diakses secara online, asal kita mempunyai koneksi internet yang stabil melalui gadget  ( laptop, desktop, tablet dan smart phone)
3. Di Squline tenaga pengajar adalah tenaga pengajar asing, native dan berpengalaman.
4. Biaya yang sangat terjangkau, dimulai dari Rp590.000/bulan
5. Karena kelasnya private 1-on-1, maka materi pembelajaran sangat menyesuaikan dengan kebutuhan setiap individu dan materi pembelajaran multimedia, kelas jadi sangat menyenangkan.

Sepertinya aku bakal ngumpulin uang lebih rajin biar bisa ikutan kursus di Squline ini. Apalagi pilihannya nggak cuma bahasa Inggris, ada bahasa Mandarin, Jepang, dan bahasa Indonesia. Kalau kalian penasaran dan tertarik juga meningkatkan kemampuan bahasa asing, kalian bisa baca informasinya di website di bawah ini ya. Selamat belajar juga!

Website :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar