Follow Me @rezadiasjetrani

Selasa, 05 Juni 2018

Siapa Sangka Ada Masjid Unik di Kolong Tol Jakarta Utara ?

Terletak di bawah kolong Tol Wiyoto Wiyono, tepatnya di Jalan Papanggo Gang 21 RT 001 RW 007, Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara, siapa yang menyangka jika bangunan ini ternyata sebuah masjid ? Ya, jika dilihat dari luar, kesan kental Tionghoa atau oriental sudah terlihat, di mana warna di dominasi warna hijau, kuning, dan merah.
Masjid Babah Alun tampak depan
Inilah Masjid Babah Alun, salah satu dari ratusan masjid yang berada di DKI Jakarta. Mendengar namanya saja kita sudah tahu jika masjid ini berbeda dari yang lain. Masjid yang dibangun sejak Agustus 2017 oleh seorang pengusaha sekaligus mualaf keturunan Tionghoa bernama Muhammad Jusuf Hamka ini sekilas justru mirip bangunan klenteng atau vihara.

Nama Babah Alun juga diambil dari sosok Jusuf Hamka. Babah artinya bapak, sedangkan Alun nama panggilan Pak Jusuf waktu kecil. Demikian info yang saya dapat, meski ketika ingin mengkonfirmasi sore itu, saya tidak bertemu dengan orang yang tepat untuk menjelaskan.

Dilihat dari luar, masjid ini memilik relief berwarna hijau yang bermotif oriental. Masjid ini juga berbentuk segi delapan, bukan segi empat seperti masjid pada umumnya. Tak hanya itu, berhubung letaknya di bawah jalan tol, nampaknya pembuatan atap pun "mentok" sehingga masjid ini tidak memiliki kubah yang menjadi ciri khas masjid.
Atap masjid yang mentok dengan kolong tol.
Bangunan masjid berbentuk segi delapan
Pintu masuk utama yang tembus ke tempat ibadah wanita berwarna coklat besar, dilengkapi ukiran nama Masjid Babah Alun yang menggunakan Bahasa Mandarin di atas pintu. Tempat wudhunya pun nyaman, tersedia kursi untuk duduk sehingga jamaah bisa berwudhu sembari duduk. Ada pula petunjuk pelaksanaan wudhu dalam bahasa Mandarin dan Indonesia.

Tempat wudhu yang nyaman
Memasuki dalam masjid, 99 Asmaul Husna terlukis rapi di bagian atas, juga diberikan kaligrafi berbahasa Mandarin.
Sore itu, masjid ini ramai dikunjungi oleh jamaah. Ada yang shalat kemudian pergi, ada yang sengaja membawa anak-anaknya san membiarkan mereka bermain di rerumputan yang luas di samping masjid, ada pula yang datang untuk sekedar berfoto. Ya, masjid ini agaknya mampu memberikan kesejukan tersendiri di tengah padatnya pemukiman di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara bagi siapapun yang melihatnya.

Lokasi Masjid: 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar