Follow Me @rezadiasjetrani

Kamis, 30 Juli 2020

Pantai Gopek, Wisata Murah Meriah di Kota Serang

Terletak di daerah Karangantu, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Pantai Gopek nampaknya satu-satunya tempat wisata yang terbilang murah meriah, apalagi kalo dibandingin sama deretan pantai di wilayah Anyer.

Pengunjung baik dari luar daerah maupun penduduk asli Kota Serang hanya cukup membayar Rp 500 perak alias gopek, untuk memasuki kawasan pantai ini. Nantinya kita bisa melakukan beraneka kegiatan dari mulai  memancing, berenang, sampai parkir kendaraan semuanya gratis. Kaget juga soalnya biasa ke Anyer bayar Rp 50 ribu. Eh, disini cuman gopek. Tapi tadi kami bayarnya seribu sih 😌.

Dari pantai ini, kita bisa menuju tiga pulau yang bisa dikunjungi yaitu Pulau Tiga, Pulau Empat dan Pulau Lima. Siang itu aku ke pantai ini sama mas X, Saga, Lia dan Epil (2 adik iparku). Selain aku belom pernah kesini, Epil sekalian mau foto-foto baju. 

Sayangnya, ternyata biaya sewa kapal lumayan juga. Mulai dari Rp300 ribu sampai Rp 600 ribu untuk satu kapal yang bisa memuat hingga 15 orang. Liat kanan-kiri nggak ada wisatawan lain yang mau naik. Hmm....mayan juga kalo bayar Rp 300 ribu buat berlima doang, empat setengah malah kan Saga setengah 😅. Akhirnya kami main ke kawasan hutan bakau atau mangrovenya aja. 



Masuk hutan mangrove cukup bayar Rp 5 ribu per orang, udah bisa duduk-duduk di gazebo sepuasnya. Gazebonya lumayan, ada sekitar 9 apa 10 gazebo gitu. Yang paling ujung langsung menghadap pantai. Kita juga bisa pesen ikan bakar dan aneka minuman dingin lain. Harganya juga masuk akal nggak mahal-mahal banget. 

Pantai Gopek sendiri udah cukup populer di telinga masyarakat Banten, khususnya warga Kota Serang. Katanya sebelum pandemi Covid-19, setiap memasuki akhir pekan kawasan ini banyak dipadati wisatawan. Sebelum sampai area pantai, kita bakal liat banyak kapal nelayan parkir. Kapal besar gitu yang banyak lampu, bukan kapal kecil kayak yang biasa aku liat di pantai Gunungkidul, Jogja. 

Lokasi itu namanya Pelabuhan Karangantu, pelabuhan yang ternyata punya nilai sejarah. Pelabuhan ini dulu ramai dan mengalami masa kejayaan di zaman Kesultanan Banten. Sekarang pelabuhan ini masih berfungsi sebagai dermaga untuk kapal-kapal nelayan bersandar.

Buat kalian yang hobi mancing, kalian bisa melampiaskan hobi di pantai ini, soalnya banyak spot untuk aktivitas mancing. Saranku jangan lupa bawa payung atau topi kalo kesini. Puanaaaaassss kalo siang. Mana dari lokasi parkir ke area pantai lumayan jauh. Kakiku sampe gosong huhuhu. Mutihin berbulan-bulan, gosong dalam waktu sejam. Bagoooos 😑.

Kalo air pantainya pasang, kita juga bisa main kano. Cukup sewa Rp 20 ribu bisa nggosongin kulit sepuasnya sambil main kano 😅. Pas kami kesana lagi surut, jadi nggak bisa main kano. Selain itu nggak bawa baju ganti juga sih. Anak-anak juga bisa sewa mobil-mobilan aki dengan banyak pilihan.

Buat liburan tipis-tipis, lumayan banget lah ke Pantai Gopek ini. Murah, meriah, dan nggak terlalu jauh dari rumah. Kalian yang ke Banten Lama abis dari Masjid Agung, sempetin kesini sekalian ya.

Jangan lupa selalu pakai masker dan jaga kebersihan tangan, baju, juga jaga jarak dengan wisatawan lain. 



XOXO,
Jetrani



Tidak ada komentar:

Posting Komentar