Follow Me @rezadiasjetrani

Rabu, 04 Maret 2020

Pengen Liat Malioboro Sepi? Dateng Aja di Hari Selasa Wage

Udah berbulan-bulan sejak aku tau ada momen "Selasa Wage" di sepanjang jalan Malioboro, tapi belum kesampean juga kesana. Makanya Selasa kemarin, mumpung di Jogja, aku, mami, adek sama Saga ke Malioboro.

Nyaman banget ya kalau sepi begini.
Bisa duduk santai dimana aja.
Kendaraan bermotor pribadi sama sekali nggak boleh masuk Malioboro seharian. Dari pagi sampe malem. Tapi kalo becak, sepeda, bus Trans Jogja boleh. Kendaraan dinas seperti mobil patroli juga boleh.

Selasa Wage di Jogja, Ada Apa?

Jalan yang biasanya ramai pedagang kaki lima itu tampak lengang alias sepiiii dari hiruk pikuk jual beli. Trotoar yang biasanya susah dilewati, kali ini bahkan bisa dilewati sambil dorong stroller bayi. Pasaran Selasa Wage ini jatuhnya 35 hari sekali (selapan dalam istilah Jawa).

Wisatawan bebas berjalan dengan leluasa, nggak hanya di trotoar tapi juga di jalan raya. Ada yang sekedar jalan santai, ada yang foto-foto di tengah jalan, ada juga yang sepedaan dan main skate. Komplit. 
Jangan lupa bawa payung ya. 
Duduk santai bareng Saga dan Mami.

Kenapa Selasa Wage yang Dipilih? 

Selasa Wage memang dipilih para pedagang untuk beristirahat dari aktivitas jual beli sesuai dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta
Pemilihan Selasa Wage pun nggak sembarangan. Hari pasaran Jawa itu ternyata bertepatan dengan hari lahir Sri Sultan HB X yang juga menjabat sebagai Gubernur DIY saat ini guys.
Pengosongan PKL pada Selasa Wage ini udah jadi kesepakatan pedagang juga. Bahkan mereka membantu pemerintah untuk menjaga kebersihan Malioboro dengan bekerja bakti di pagi harinya. Ya nyapu, ya siram trotoar dan jalanan biar bebas dari bau pesing. 

Hayooo...siapa yang suka pipis sembarangan di Malioboro? 😅

Selain bisa dimanfaatkan untuk foto-foto dan jalan-jalan tanpa terganggu pedagang, suasana lengang Malioboro juga sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kesenian maupun kegiatan masyarakat. Jadi meski nampak kosong, kawasan ini tetap hidup kok. 
Pasar Beringharjo tetap buka, tenang aja. 
Gapura menuju Kampung Ketandan.
Serunya foto-foto di jalan Malioboro yang sepi dari kendaraan bermotor.
Oiya, toko yang ada di sepanjang Malioboro dan Pasar Beringharjo tetep buka kok. Jado kalian tetep bisa belanja. Yang tutup cuman PKL nya aja. Jadi buat kalian yang pengen liburan ke Jogja, jangan lupa perhatikan hari pasaran di kalender Jawa ya. Siapa tau bisa ikut menikmati nyamannya Malioboro setiap Selasa Wage.

Selamat liburan dan tetap jaga kebersihan. 

XOXO,
JETRANI



1 komentar:

  1. Helo penonton
    Kami adalah peniaga profesional, menjana pendapatan forex dan binari untuk pelabur setiap minggu, dengan senang hati akan memberitahu anda lebih banyak mengenai platform pelaburan kami di mana anda boleh melaburkan dana sebanyak $ 200 dan mula memperoleh $ 2000 setiap minggu, banyak orang telah mendapat manfaat daripada tawaran pelaburan ini sebelum ini dan semasa virus convid-19 ini, jika anda menghadapi masalah kewangan disebabkan oleh coronavirus ini dan anda memerlukan pertolongan membayar bil, cukup pilih rancangan pelaburan yang sesuai untuk diri anda dan mulailah menjana keuntungan setiap minggu

    $ 200 untuk memperoleh $ 2,000 dalam 7 hari
    $ 300 untuk memperoleh $ 3,000 dalam 7 hari
    $ 500 untuk memperoleh $ 5,000 dalam 7 hari
    $ 1000 untuk memperoleh $ 10000 dalam 7 hari
    $ 5000 untuk memperoleh $ 50000 dalam 7 hari

    Untuk memulakan pelaburan anda sekarang
    e-mel: claustradingsignal07@aol.com
    Melalui whatsapp: +12166263236

    BalasHapus