Follow Me @rezadiasjetrani

Selasa, 30 Juli 2019

Biaya Cek Kehamilan di RSIA Buah Hati Pamulang

Setelah nulis soal kisah seminggu sebelum baby S lahir  kali ini aku nulis soal biaya periksa kehamilan atau kandungan di RSIA ya.

Sebelumnya aku pengen teriak "Akhirnyaaaaaaaaaa ngerasain juga jadi ibu hamil terus periksa kandungan." 😁😁😁

Meski awal-awal hamil sampe 5 bulan nggak keliatan hamil karena badan + kandunganku kecil, aku tetep bahagiyaaaak.
Dari rumah kami di Pamulang, RSIA yang paling deket adalah RSIA Buah Hati Pamulang. Ya meski deketnya tetep berasa jauh karena macet, sekitar 20 menit lah dari rumah. Beruntung asuransi dari kantor mas bisa dipake disini. Aku (dan mas) pun memutuskan buat cek kandungan di RSIA Buah Hati Pamulang aja. 



Selain pakai asuransi kantor (Great Eastern di 2018 trus ganti CAR Life di 2019), aku juga pakai BPJS. Jadi, asuransi kantor ini ada limitnya, aku maksimalin dulu tuh limit. Kalau udah mentok, baru deh periksa di Puskesmas pake BPJS 😁😁😁.

Buat yang penasaran berapa sih harga periksa kandungan di RSIA Buah Hati Pamulang...ini dia rincian pembayaran yang aku dapet selama periksa. Semua biaya ini udah include pendaftaran + biaya dokter + biaya fasilitas RS + USG (kalau di print nambah lagi ya buk-ibuk) + obat.

Oiya, obat itu bisa diambil atau enggak kok. Jadi kita punya hak buat menolak obat kalau dirasa nggak perlu. Aku beberapa kali periksa disini yang bikin mahal sih obatnya. Obat tambah darah aja bisa ratusan ribu, padahal kalau di Puskesmas gratis ╮(╯∀╰)╭. Cuman beda merk aja sih.

Sebagai informasi tambahan, biaya ini adalah biaya selama periksa dari bulan November 2018 - April 2019 ya. Sebenernya aku motret juga obat apa aja yang aku dapet selama periksa, tapi kok di hengpong ndak ada fotonya huhuhu :( . Nanti ya kalo nemu fotonya kutambahin.

Setiap pasien akan dapet buku (paspor ibu) yang harus dibawa setiap kali periksa.
Nanti kalo udah daftar, dapet buku + nomor rekam medis, tau mau periksa sama dokter siapa, buat periksa berikutnya kita bisa daftar via whatsapp dengan format di bawah ini. Quick response kok, jadi jangan khawatir. 


Abis cek pake test pack dan hasilnya adalah strip 2 pas subuh (waktu itu mau bahagia tapi takut ternyata negatif), malemnya aku sama mas langsung ke Buah Hati buat cek kandungan dan ternyata BENERAN HAMIL DAN UDAH 5 MINGGU ヽ(^o^)δΈΏ. Alhamdulillah. Waktu itu ketemu sama dr. Rohati. Belum bisa komentar banyak karena belum tau dokter lain gimana.  Cukup ramah tapi nggak banyak ngobrol sih.

Berikut rincian dan bukti pembayaran selama aku periksa di RSKIA Buah Hati Pamulang.

1. Periksa pertama sama dr.Rohati, 3 November 2018. 
Usia kandungan 5 minggu


Bisa diliat lah ya biayanya lumayan bikin kaget yaitu 800 ribuan. Untung pake asuransi. Aku excess sekitar 23 ribu kurang dikit. Obatnya yang bikin mahal sih sampe 589 ribu sendiri. Ternyata usia kehamilanku udah 5 minggu. Wiiih, padahal aku baru balik dari Banjarmasin, naik pesawat Pp, naik kapal klotok berjam-jam, main rakit bambu, mendaki bukit buat liat sunrise, haduuuu taunya hamidun. Untung debaynya ndak papa. Yang aku inget, aku dikasih asam folat, satu lagi aku lupa obat apa.

2. Periksa Kedua sama dr. Ismail, 27 November 2018
Usia kandungan 5 minggu

Periksa yang kedua ini aku ganti dokter. Nyoba sama dr. Ismail. Dokternya baik, ramah, dan informatif. Nggak perlu banyak nanya, dokternya udah ngejelasin ini itu. Lebih sreg sama dr. Ismail kalo aku pribadi. Tapi oh tapi, dr. Ismail ini antriannya banyak. Aku meski udah daftar, baru kelar periksa jam 10 malem lebih. Kalo ga salah mulai praktek jam 8 malem deh. Lupa aku detilnya, tapi yang jelas nunggunya lamaaaak. Periksa yang kedua ini aku dikasih obat penguat janin.

Rincian biaya periksa yang kedua juga berkisar 800 ribu :


3. Periksa Ketiga sama dr. Ismail lagi, 18 Desember 2018.
Usia kandungan 8 minggu


Kali ini excess lagi, lumayan banyak sekitar 132 ribu.


4. Periksa Keempat, dr. Rohati, 21 Januari 2019
Usia kandungan 13 minggu

Alhamdulillah udah ganti tahun, jadi limit asuransinya mulai dari baru lagi. FYI, asuransi kantor ada limitnya, tapi dibagi menjadi beberapa jenis kayak rawat inap, rawat jalan, periksa kandungan, periksa umum, periksa gigi, dll.

Di periksa keempat ini, aku USG dan hasilnya dicetak. Aku pikir udah include biaya periksa lah ya, taunya bayar dan lumayan juga ternyata nge-print-nya. Biasanya kan periksa 68 ribu, kemarin sama print jadi 133 ribu. Berarti biaya print hasil USG-nya 65 ribu sendiri πŸ˜…. Wahaaaaa....padahal gitu doang kertasnya.


5. Periksa Kelima, dr.Ismail, 26 Februari 2019 
Usia kandungan 18 minggu

Periksa kelima sama dr. Ismail, USG lagi dan sempet nanya bisa nggak sih USG 4D dan ternyata bisa. Tinggal pencet-pencet doang dan taraaaaa....dedek bayi nongol dalam wujud 4 dimensi. Keliatan dia gerak-gerak dan KELIATAN TITITNYA WOIIII.  Anakku cowok ternyata, wohooooo 😍😍😍.  Sama dr. Ismail di print-in juga hasil USG 4D nya.

Kirain bakal bayar lebih, taunya sama kayak USG 2D. Waaaah Alhamdulillah. Nggak tau emang dr. Ismail baik hati atau emang biayanya sama. Tapi kalo aku cek di RS lain, biasanya USG 4D lebih mahal.



6. Periksa Keenam, dr.Ismail, 19 Maret 2019
Usia kandungan 21 minggu

Periksa kali ini cuman intip hasil USG 2D + 4D tapi nggak di print. Soalnya pas si adek lagi nutupin muka pake kedua tangan, jadi ya nggak keliatan mukanya. Haduuuh...padahal udah kangen pengen liat mukanya, malah lubang idung doang yang keliatan. Dek...dek... 


Selain periksa kandungan rutin, aku yang sesekali pulang ke Jogja juga sempet beberapa kali kontrol kolesterol, cek darah, cek HB, dll pokoknya aku rajin curhat soal apa yang kurasain dan ikutin saran dokter aja kalo kudu cek, ya aku cek. 

Biar irit, aku cek darah dan lab di puskesmas pake BPJS. Selain gratis, toh hasil lab kurang lebih sama aja. Sempet sekali disuruh cek apa gitu (aku ngasih urin) di RSKIA Buah Hati bayar 200 ribu (yang Alhamdulillah dicover asuransi kantor). 

Macem-macem hasil lab yang kulakukan selama hamil.
Isian hasil periksa di RSKIA Buah Hati Pamulang.
Abis Maret 2019, bulan April 2019 aku sempet periksa di Puskesmas dan di Buah Hati 1 kali. Tapi karena obat dari Puskesmas masih, pas di Buah Hati aku nggak ambil obatnya. Jadi bayar periksa doang. Terus bulan Mei-Juni 2019 periksa di Jogja karena aku mau lahiran di Jogja. Awalnya rencana periksa di puskesmas, tapi karena ada kolesterol, aku dirujuk ke obgyn dan milih ke RSKIA Sadewa di Babarsari, Jogja. Karena pake rujukan, periksanya gratiiiissss 😍😍😍.

Sebagai mak-mak tentu aku bahagia dong ya. Hahaha.

Buat tambahan, berikut ini beberapa kesimpulan dariku.

KELEBIHAN PERIKSA DI RSKIA BUAH HATI PAMULANG

1. Lokasi persis di pinggir jalan raya dan begitu parkir langsung masuk ke rs nya. Nggak perlu ribet pake jalan jauh dari parkiran. 
2. Ruang periksa bersih, wangi, dan modern meski dari luar , bangunannya tampak biasa aja.
3. Ruang tunggu lumayan luas. Ada area bermain anak.
4. Sebrang RS ada minimarket dan banyak tempat makan. Kalo laper pas antri bisa ngacir dulu isi perut atau jajan. 
5. Dokternya banyak dan baik-baik (aku pribadi cocok sama dr. Ismail).
6. Di depan RS ada banyak gerai ATM jadi gampang ambil duit (meski bank-ku mau narik duit di ATM manapun gratis sih). 
7. Ada TV di ruang tunggu, jadi mayan buat hiburan meski kalo kesana malem disetelinnya indosiar yang film-film azab gitu :(. 

KEKURANGAN PERIKSA DI RSKIA BUAH HATI PAMULANG

1. Petugas di pendaftaran kurang senyum. Meski nggak jutek, tapi mereka kenapa pada pelit senyum sih??? Dari awal aku periksa udah pada pelit senyum. 
2. Nggak ada layar buat ngecek nomer antrian. Jadi ribet kalau baru dateng kudu nanya, "Dokter ini udah antrian nomer berapa ya?"
3. Petugas manggilnya juga manual alias teriak-teriak. Jadi kalo kita nggak konsen, pas dipanggil bisa jadi kita nggak denger.
4. Bagi sebagian orang apalagi yang bawa mobil, parkiran mobilnya bisa dibilang sempit. Untung aku naik motor jadi selooo aja 😁. 

Kalian bisa baca juga kisah lengkap Pengalaman Periksa Kandungan si RSKIA Sadewa Jogja Pakai BPJS . Nanti bakal ku ceritain juga berapa sih biaya periksa kandungan di RSKIA Sadewa. 

Xoxo,
JETRANI

2 komentar:

  1. saran: kurang nginputin usia kehamilan per periksa mbak ( biar bumil banyak ilmu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa pertama itu aku tulis kandungan 5 minggu jadi anggap aja bulan 1. Terus periksa tiap bulan itu bulan 2,3, dst hehe. Ya ntar tak tambahin sisan cari foto obat2 yang kuminum deh yaa uwuuww.

      Hapus