Follow Me @rezadiasjetrani

Sabtu, 29 September 2018

ZenBook 13 UX331UAL , Strength That Comes With Beauty

Ketika aku masih duduk di bangku SMA belasan tahun silam, memiliki laptop pribadi adalah barang yang mewah. Beranjak ke masa kuliah, hampir semua teman-temanku memiliki laptop masing-masing. Aku ingat betul laptop pertamaku waktu itu memiliki kapasitas hard disk yang cukup besar yakni 640 GB, RAM 4 GB dan beratnya lumayan sehingga harus dimasukkan tas ransel supaya tidak membebani salah satu bahuku. Laptop ini akhirnya kuberikan kepada adikku karena katanya mantap untuk digunakan bermain game

Menjelang skripsi, aku membeli laptop keduaku yakni Asus Slimbook X401U dengan harga Rp 3 jutaan. Dengan harga relatif terjangkau, Slimbook X401U cukup memuaskan untuk kebutuhan komputasi ringan seperti mengetik, memutar lagu ataupun video. Kemudian seiring waktu, aku sadar jika kebutuhanku akan editing foto, video, ternyata membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi sehingga aku membeli laptop Asus seri baru.


Selalu nyaman dengan laptop Asus
Laptop ketigaku adalah ASUS X441N dengan beragam pilihan warna yang ekspresif. Aku suka sekali laptop yang kupakai saat ini, terutama karena warnanya cantik yakni aqua blue yang kubeli senada dengan warna powerbank.Bisa dibilang aku memang penggemar berat Asus. Dari mulai handphone, powerbank, hingga laptopku semuanya merk Asus. Perlu diketahui kalau Asus adalah brand laptop nomor 1 di Indonesia dan seri ZenBooknya juga yang paling tipis dan ringan.


Aku memang menyukai brand Asus dari dulu sehingga powerbank, laptop dan handphone kupilih merk ini
Pertimbangan dalam Membeli Laptop

Pertimbanganku dalam membeli suatu produk terutama elektronik, selain dari segi harga, kualitas, pilihan warna, yang paling penting adalah layanan purna jual. Nggak mau kan kerepotan servis HP atau laptop yang rusak apalagi sampai harus menunggu lama? Kebetulan aku memiliki pengalaman dengan layanan purna jual Asus.

Seperti sebagian besar kaum perempuan masa kini, rasanya menyukai drama Korea dan Jepang adalah hal yang lumrah. Itulah yang terjadi padaku saat ini. Maklum, sejak menikah dan resign dari kantor, hiburanku adalah menulis blog tentang pengalaman traveling ke berbagai tempat , mereview hotel tempatku menginap, juga menonton drama. Tak hanya itu, aku belajar membuat dekorasi macramme dan menawarkannya ke sejumlah Wedding Organizer sehingga aku justru kecemplung di jasa dekorasi wedding dan prewedding. Membawa laptop untuk menulis blog, presentasi, dan mengetik penawaran di manapun kapanpun adalah kegiatanku sehari-hari.


Harus siap bekerja dimanapun, kapanpun
Pernah aku mengikuti sebuah event di Bandung dan harus membawa laptop untuk bekerja. Pagi berangkat, siang tiba di lokasi, malam mengetik kegiatan hari itu. Begitu terus selama empat hari. Kebayang kan, aku membutuhkan laptop yang tangguh namun tetap ringan supaya tidak menambah beban bawaan?

Nah, berhubungan dengan drama Korea dan Jepang, pernah suatu ketika saking asyiknya nonton, berkali-kali laptopku mati sendiri karena kehabisan baterai. Biasanya, aku langsung bablas tidur tanpa ku charge dan dimatikan dengan sempurna terlebih dahulu (di shut down). Karena kebiasaan buruk itu, suatu hari laptopku hanya booting tanpa henti selama berjam-jam. Muncul tulisan loading sekian persen yang hanya berhenti di 4% dan muncul layar biru dengan pilihan setting yang tak kupahami.

Beruntung laptop Asusku masih garansi sehingga kubawa ke service center di daerah Lebak Bulus, Jakarta dan ternyata hard disknya harus diganti. Petugas dengan baik hati membantu untuk melepas hard disk dan menyuruhku melakukan bakc up data. Selesai ku back up, hard disk lamaku pun diganti dengan yang baru (BENERAN BARU!) dan bisa kuambil kembali keesokan harinya. Semua gratis sudah termasuk diinstall Windows 10 asli dan software pendukung lainnya. Mantap deh layanan purna jual Asus! Akupun mendapat pelajaran berharga bagaimana merawat laptop dengan baik dan benar supaya kejadian ini tidak terulang lagi.

Kemudian beberapa hari yang lalu, aku membaca blog mbak Katerina di www.travelerien.com tentang laptop Asus tipe ZenBook 13 UX331UAL yang langsung membuatku jatuh hati. Aku membayangkan jika aku memiliki laptop ini, tentu akan sangat menyenangkan untuk kubawa kemana-mana karena beratnya cukup ringan dan spesifikasinya mumpuni. Makin kesini, segala sesuatu semakin ringan dan tipis, namun kemampuannya justru meningkat bukan? Itulah yang kuperlukan saat ini untuk menemaniku melakukan segala aktivitas.

Mendapat informasi tentang ASUS ZenBook 13 UX331UAL dari blog mbak Katerina
Berikut ini spesifikasi ASUS ZenBook 13 UX331UAL dari situs resmi Asus :



Kalau keunggulan ASUS ZenBook 13 UX331UAL sendiri, detilnya sebagai berikut :

Bentuknya Tipis dan Ringan

ZenBook 13 UX331UAL tebalnya hanya 13,9 milimeter dengan ukuran layar 13,3 inci dan bobot keseluruhan  985 gram. Ini membuatnya menjadi ZenBook yang paling ringan yang beredar di pasaran saat ini. Serius deh ini bahkan hanya seberat botol air mineral dan juga perlatan make up yang biasa kubawa di tas. 
              Laptop ZenBook 13 UX331UAL super tipis dan ringan

Sensor sidik jari dengan Windows Hello

Mengakses ZenBook 13 UX331UAL jadi lebih aman berkat sensor sidik jari yang ada di touchpad dan Windows Hello. Cukup dengan menghadapkan wajah ke layar laptop atau sentuhan jari di sensor fingerprint, maka kita sudah bisa langsung bekerja atau membuka file-file yang kita butuhkan. Nggak perlu lagi mengetikkan kata sandi setiap kali masuk, cukup satu sentuhan saja dan laptop siap digunakan, cocok banget buat kita yang sering bekerja di luar ruangan dan butuh akses cepat kapanpun di manapun.
Sensor sidik jari yang super aman

Ringkas dengan Performa Tinggi

Dengan layar berukuran 13,3 inci dan resolusi Full HD, ASUS ZenBook UX331UAL punya dimensi yang nggak beda jauh dengan kertas berukuran A4. Laptop ini bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam koper, tas ransel, bahkan tas wanita yang biasa kita pakai. Lha ini nih! Perlu banget nih!

Performa Terbaik

Sesuai dengan semangat ZenBook, ASUS nggak mau kompromi terkait performa. ASUS ZenBook UX331UAL diperkuat oleh prosesor tercepat Intel Core i generasi ke-8. Demi menopang performa tinggi yang ditawarkan, ASUS memadankan prosesor tersebut dengan RAM tercepat DDR4 2133MHz serta penyimpanan kecepatan tinggi dan handal, berbasis M.2 SSD. Laptop ini juga memiliki fitur Wi-Fi Master sehingga kecepatan transfernya lebih tinggi dan jaraknya lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya. Kita bisa menikmati streaming video Full HD YouTube yang lebih lancar pada jarak 300 meter atau lebih, atau setidaknya pada jarak 225 meter. Jarak ini sekitar 65 meter lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya yang tidak memiliki Wi-Fi Master.
Laptop dengan performa terbaik

Baterai Kuat

Untuk mengetahui performa laptop yang satu ini, pihak Asus menjalankan pengujian dengan aplikasi Benchmark umum seperti PCMark, 3DMark, Geekbench, Cinebench dan Unigine Heaven Benchmark. Hasilnya, ASUS ZenBook UX331UAL sudah sangat mumpuni untuk digunakan sebagai perangkat pendukung produktivitas. Baik produktivitas esensial seperti aplikasi office, email ataupun produktivitas lainnya, sampai ke aplikasi editing konten digital baik foto ataupun video. Saat digunakan secara multitasking non-stop, aplikasi pengukuran baterai PCMark menunjukkan bahwa baterai pada ZenBook 13 UX331UAL sanggup memasok daya hingga 4 jam 43 menit. Dalam skenario tertentu, ASUS bahkan mengklaim baterai laptop ini sanggup bertahan hingga 15 jam. Wah, gila sih! Cocok banget buat ngetik kerjaan pas lagi di perjalanan dan nggak perlu takut laptop mati. Kalau handphone masih bisa pake powerbank. Kalau laptop mati yakali mau dicolokin ke lubang hidung.

Baterainya tahan hingga 15 jam, masyooook Pak Eko !

Material Tangguh

ASUS ZenBook UX331UAL memang menggunakan konstruksi magnesium alloy yang sangat ringan dan penggunaan integrated graphics. Bahkan laptop ini memenuhi standar military-grade MIL-STD 810G dan lolos uji daya tahan untuk memastikan kemampuannya beroperasi dalam berbagai kondisi.


Kenyamanan Mengetik

ZenBook UX331 ini dilengkapi dengan keyboard backlit ukuran penuh dengan desain yang kokoh, memberi kita pengalaman mengetik yang luar biasa dalam segala kondisi pencahayaan. Precision Touchpadnya dirancang untuk kenyamanan dan akurasi maksimum, dengan penutup kaca untuk kontrol yang mulus. Uwaah! Makin nggak sabar pengen nyobain akutu :( .

Pilihan warnanya sendiri ada dua, yakni Deep Dive Blue dan edisi terbatas Rose Gold. Nih liat.


Tersedia dua pilihan warna

Konektivitas

ZenBook 13 dilengkapi dengan port USB Type-C baru yang masangnya bisa bolak-balik. Selain USB-C, ada dua port USB 3.1 Gen 1 Tipe-A dan port HDMI, card reader MicroSD berkecepatan tinggi yang dua kali lebih cepat daripada card reader lainnya.



Gimana? Ikutan mupeng juga nggak baca spesifikasinya?  Kalo iya kita sama! Aku udah mupeng banget dan langsung berdoa semoga aku beruntung bisa memiliki si cantik nan tangguh ini.

#LaptopIdamanSobatTraveler
#2018PakaiZenBook
#ASUSxTravelerien


Artikel ini saya ikut sertakan dalam "Blog Competition: Laptop Idaman Sobat Travelers".

Sumber referensi:
1. ASUS Indonesia
2. Travelerien.com

Sumber foto:
1. ASUS
2. Jetrani Reza Dias










Tidak ada komentar:

Posting Komentar