Follow Me @rezadiasjetrani

Jumat, 27 Oktober 2017

Modal 300 Ribu Bisa Naik Gunung Raung Lho !

Serius Jet ? Tiga ratus ribu rupiah ?

Iyaaaaa...yaampun nggak percaya ?

Nih ya aku bagi detil pengeluaranku pas mendaki Gunung Raung via Sumber Wringin, Bondowoso.

Buat yang belum baca catatan perjalananku, bisa baca tulisan yang ini dulu :

Pendakian ke Gunung Raung via Sumber Wringin, Bondowoso

Sekedar informasi tambahan, aku berangkat dari Jogja berdua sama temenku yang namanya Kika.

Berangkat:

  1. Kereta api Sritanjung ( St. Lempuyangan-St. Jember) Rp 94.000 diskon Rp 13.000 = Rp81.000!
  2. Gocar (tapi aku dibayarin Kika) = Rp 27.000 : 2 = Rp 13.500
  3. Bis kota Jurusan Jember - Bondowoso = @ Rp 6.000
  4. Naik motor dari Bondowoso ke basecamp Sumber Wringin = FREE karena nebeng temen
  5. Tidur di basecamp = Rp 10.000
  6. Truk dari BC - Pondok Motor (pos 1 ) = Rp 60.000
  7. Iuran kelompok = Rp 20.000
  8. Sarapan + bekal nasi selama pendakian = @Rp 5.000 x 3 = Rp 15.000
TOTAL BERANGKAT =  Rp 205.500

Pulang :

  1. Bis jurusan Bondowoso - Surabaya (bis ekonomi LADJU) = Rp 35.000
  2. Terminal Purabaya - Stasiun Gubeng = FREE lagi karena dianter temen
  3. Kereta api Logawa (St. Gubeng - St. Lempuyangan) = Rp 74.000
TOTAL PULANG = Rp 109.000 


Jadi kalau dijumlah, pengeluaranku kemarin Rp 314.500 itu udah PP dari Jogja.

Lumayan banget kan ? Aku aja nggak nyangka bisa sehemat ini. FYI kemarin kami berangkat ber-21 jadi diitungnya per kepala. Buat kalian yang mau mendaki, usahakan cari temen atau kenalan di sekitar basecamp atau daerah tujuan. Lumayan kan kaalu ada yang nebengin / antar jemput. Nanti kalian juga harus luangin waktu kalau ada temen yang main ke kota kalian, jadi saling bantu. dijamin dengan cara seperti itu, trip kemanapun bakalan nyaman, aman dan hemat.

Pengeluaran tambahan :

Kalau ini sih pengeluaranku pribadi, jadi pasti beda-beda untuk setiap orang. Aku anaknya suka jajan sih jadi biasanya boros di makanan atau oleh-oleh.  Ini aja habisnya hampir sama dengan biaya PP pendakian, hehe.
  1. Keperluan pribadi selama pendakian (cemilan, air mineral dll) = Rp 50.000
  2. Jajan bakso di terminal Arjasa, Bondowoso = Rp 7.500
  3. Beli nasi bungkus di bis jurusan Bondowoso - Surabaya = Rp 8.000
  4. Beli cilok di Alun-alun Bondowoso = Rp 2.500
  5. Makan malem ayam goreng di Alun-alun Bondowoso = Rp 15.000
  6. Beli oleh-oleh tape Bondowoso (tapi aku dibayarin Novi ) = Rp 20.000
  7. Jajan bakso di Surabaya = Rp 15.000
  8. Beli oleh-oleh kekinian buat orang rumah :
  • Surabaya Patata = Rp 67.000
  • Surabaya Snowcake = Rp 69.000
  • Spika Spiku = Rp 68.000
TOTAL = Rp 312.000

FAQ 

  1. Kalau naik bis ke Bondowoso gimana? Duh kayaknya nggak ada yang langsung. Harus ke Surabaya dulu, baru lanjut bis Surabaya - Bondowoso. Mendingan naik kereta deh.
  2. Apa bisa naik ojek / taksi ke Bondowoso dari Stasiun Jember? Bisa dong. Waktu itu aku udah terlanjur ke terminal Arjasa dan nyaris ga dapet bis (ada sih tapi jalannya jam 10 malem). Pas aku cari GoCar, dari terminal Arjasa di Jember ke Terminal Bondowoso tarifnya Rp 81.000. Padahal kalo naik bis cuman Rp 6.000. Nyesek nggak tuh? hehe. Untung jam 20.15 bisnya berangkat juga karena penumpang udah penuh.
  3. Dari terminal Bondowoso ke Basecamp jauh nggak? Naik apa? Jauh ! Sekitar 45 menit - 1 jam. Jadi enakan naik motor, cari temen yang orang sana dan minta dijemput. Kalo enggak ya nyarter angkot / ojek tapi pasti mahal.
  4. Apa ada biaya pendakian ? Nggak ada. Kita cuma dikenai biaya nginep di basecamp yaitu Rp 10.000 buat yang dari luar kota, dan seikhlasnya buat warga Bondowoso dan sekitarnya. Syukur-syukur kamu ngasih lebih ya.
  5. Berapa sih sewa truknya ? Kalau kami naiknya ga banyakan gimana? Sewa truk untuk pendaki berjumlah kurang dari 15 orang adalah Rp 600-000 - Rp 700.000 PP (tergantung kamu negonya berapa), jadi tinggal kalian bagi aja sendiri. Karena kemarin kami ber-21, per orang bayar Rp 60.000 x 21 PP = Rp 1.260.000. Atau mendingan sewa pick up Rp 400.000 doang.
  6. Basecampnya serem nggak? Wahaaaa....hahaha.... rasain sendiri. Tapi karena aku nggak peka, ya nggak kenapa - kenapa sih. Cuman katanya....ada yang liat....mmm...
  7. Nasi bungkusnya beli dimana? Di toko bangunan terdekat. Lauknya paku. Hehe, nggak ding. Bisa beli di pasar, atau pesen Bu Endang minta dimasakin juga bisa. Jangan lupa bayar yes!
  8. Berapa lama sih mendaki Raung yang ideal? Kalau mau nyaman, nyantai, ya 3 hari 2 malem. Jadi bisa leyeh-leyeh. Tapi bawaan logistik pasti nambah berat deh :(
  9. Bisa mendaki 2 hari 1 malam? Wooo ya jelas bisa ! Kami kemaren 2 hari 1 malam doang kok. Hasilnya ? BADAN REMUK, KAKI PEGAL-PEGAL, HATI KOSONG. Yaksip!
  10. Dari Bondowoso ke Surabaya ada bis langsung? Tenangno pikirmu...ada kok ada...tapi nggak 24 jam ya. kemarin sih aku naik bis yang jam 12 siang dari Bondowoso, namanya bis LADJU. pas mau bayar, bilang ke kondekturnya kalau kamu mau turun di Surabaya, soalnya bis ini cuman sampai Probolinggo. Lah terus ? nah nanti di Probolinggo kita turun buat oper bis, tapi udah nggak bayar lagi. JADI KARCIS bisnya jangan sampe ilang, buat dikasihin ke bapak kondektur di bis Probolinggo - Surabaya
  11. Sampe Surabaya jam berapa ? Jam 18.00 sore, pas banget bisa Magriban di mushola terminal. 
  12. Bis Surabaya - Jogja 24 jam ? Yoih, 24 jam. Aku biasanya naik bis eksekutif EKA, bayarnya Rp 100.000, nanti dapet makan 1 kali di Ngawi.
  13. Dari Surabaya ke Jogja berapa lama ? Tergantung amal jariyah sih. Aku dulu pernah 5 jam pas naik malem-malem. Tengah malem tepatnta. Gila nggak tuh ? Kalau standar aman ya 7-8 jam lah

TIPS BUAT YANG NAIK BIS DARI SURABAYA KE JOGJA

  1. Pilih bis Eka atau Mira aja. Eka mendingan yang eksekutif AC, kalo yang ekonomi, ada juga sih yang tarifnya sama kayak Mira sekitar Rp 60.000.
  2. Aku paling males naik bis dari lokasi ngetem yang udah disediakan, soalnya banyak calo. Aku biasanya nunggu di pintu keluar, jadi pas bisnya mau keluar langsung naik dari sana, bayar diatas deh. 
  3. Kalau kamu terpaksa naik bis lainnya, HATI-HATI sama tas berisi dompet, hp, dll soalnya rawan copet. Bukan hanya pas kamu duduk trus tidur, copet juga mengintai pas kamu mau turun. Pastikan tas selalu kamu taruh di depan atau di dalam jaket biar aman.
  4. Beberapa bis tertentu kabarnya kerjasama sama copet, alias membiarkan copet beraksi. Nggak tau sih bener apa enggak, tapi yaa....mendingan kita jaga-jaga dan selalu waspada.
  5. Biasanya setelah bis melaju beberapa saat, lampu bis akan dipadamkan / temaram. Nah kalau sopir bis kamu (misalnya Eka) nggak matiin lampu, kemungkinan sih sopir bis menyadari adanya copet di dalam bis itu. Kan dia nggak mungkin negur langsung / nuduh sembarangan, jadi itu salah satu bentuk peringatan dari si sopir. 
Kurang lebih itu aja sih, kalau ada tambahan, boleh ditambahin di kolom komentar ya. Thankyou ! 

8 komentar:

  1. Murah banget hbs 300rban, oia untuk kelengkapan mendaki gn raung apa wajib pakai tali dan harnes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak kok mas. pendakian biasa aja nggak pake tali dll

      Hapus
    2. Oalaaaah sip...gass lah, makasih ya mbak 😁

      Hapus
    3. Oalaaaah sip...gass lah, makasih ya mbak 😁

      Hapus
  2. Makasih yaaa infonya lengkap banget, detil...til....til, jadi pengen ke situ deh.

    BalasHapus
  3. banyak nebengnya :D, kami kan gak sehits mba jet mana ada yang mau nebengin :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh dipuji blogger kece begini aku bisa apah. sini foto bareng

      Hapus