Follow Me @rezadiasjetrani

Selasa, 31 Agustus 2021

Pengalaman Lahiran Pakai BPJS Waktu Pandemi Tahun 2021

Haiii bunda-bunda dan para calon bundaaaa....menjawab pertanyaan temen-temen semua soal pengalaman lahiranku pakai BPJS (akhirnya lahiran di RSKIA Sadewa) waktu pandemi kemarin,  ini udah  kelar aku tulis di blog. Maaf yaa lama (padahal 2 minggu doang), masih hectic jadi ibu dari 2 anak nih bund~~~


Oke baiklah. Aku ceritain secara singkat dan semoga jelas, pengalamanku ngelahirin Rumi di masa pandemi COVID-19 tahun 2021.



Catatan : Berdasarkan pengalaman pribadi. Lokasi di Sleman, Yogyakarta. 

Tanggal lahiran : Minggu, 15 Agustus 2021

MULAI REMBES KETUBAN + KONTRAKSI 


Minggu, 15 Agustus 2021 Jam 00.00 

Aku belum bisa tidur nyenyak. Rasanya kayak ada yang basah tapi bukan pipis, setelah ku cek kayaknya ketubanku ada yang rembes. Nggak tau banyak apa sedikit, yang jelas underwearku lumayan basah.


Minggu, 15 Agustus 2021 jam 10.00 

Mulai terasa kontraksi teratur. Tapi ternyata nggak lama, cuman sekitar 1 jam-an aja. Antara mikir, ini konspal bukan ya, kok nggak lanjut lagi kontraksinya. Biar tenang, aku memutuskan untuk periksa ke RS Queen Latifa. Kenapa kesana? Karena faskes 1 ku kan Mlati 1, sama petugas puskesmas yang sekaligus tetanggaku, disaranin kesana aja (faskes 1 ku Minggu tutup dan nggak melayani lahiran ya). 


Jam 14.00 aku sampe di RS Queen Latifa dan ternyata kalau lahiran normal NGGAK DICOVER BPJS...alias bayar mandiri. Aku posisi dateng itu udah rembes dan udah bukaan (waktu di cek di Queen Latifa, kata bidannya udah bukaan 4). Karena nggak dicover BPJS, yaudah aku tanya bisanya dimana (yang dicover). Disaranin ke Puskesmas Mlati 2 atau klinik apa gitu di daerah Gamping. 


Intinya aku mau lahiran ini dicover BPJS karena ofkors gamau rugi yekan. Udah bayar tiap bulan, masak iya bisa lahiran gratis kok aku kudu bayar. Mana lahiran normal itu 4 juta - 4,5 juta, mending uangnya aku pake buat aqiqahan Rumi 😁😁. 



MENUJU PUSKESMAS MLATI 2

Minggu, 15 Agustus 2021 jam 14.30, menuju Puskesmas Mlati 2


Setelah bayar, aku cabut dari Queen Latifa. Disana tadi bayar sekitar 90 ribu cuman buat rebahan dan di cek bukaan (nggak pake USG segala macem).



Sampe di Puskesmas Mlati 2, sepiiiii kayak nggak ada kehidupan. Mungkin karena hari Minggu kali ya. Terus aku cek di bagian belakang gedung yang deket parkir ambulance, ternyata ruang rawat inapnya disitu dan ada petugas jaga 3 orang. FYI Puskesmasnya besar dan bagus. Bangunannya juga nampak baru jadi bersih banget. Ini emang puskesmas rujukan gitu, ada rawat inap dan bisa melayani lahiran. 


Pas sampe, aku isi data dulu karena belum pernah periksa disini sama sekali. Abis itu di rapid test. Nah, sama perawat dan bidannya disuruh cek ulang buat cek bukaan berapa karena aku nggak merasa kesakitan sama sekali sampe bidannya heran, kayak orang nggak mau lahiran (aku bilang dari Queen Latifa dicek bukaan 4, tapi kok rasanya kayak masih bukaan 2 - dasar mamak ngeyel 😅).


Eh bener kan, pas di cek ulang baru bukan 1-2 gitu. Itu bidan di Queen Latifa kok ya bisa salah ngecek bukaan, hedeeeeh bikin panik aja. 


Nah, aku bilang lagi kalau aku udah rembes ketuban dari tengah malem tadi, berarti sampe aku periksa di puskesmas ini udah 14 jam dan masih rembes sesekali (tapi kontraksi juaraaaang banget). Terus yaudah sambil isi data lagi, petugas nyiapin kamar rawat inap dan aku ngobrol-ngobrol sama bidan yang ada. 


First impression sama petugas puskesmasnya adalah RAMAH BANGEEEET berasa temen lama 😭. Bahkan salah satu petugasnya ternyata followers instagramku, demi apa! 😂 sumpah sih ini bikin ngakak banget karena ternyata ibu itu beneran suka liat update an igs ku yang nggak berfaedah. Bahkan sampe tau mas, terus Saga, dll dll. 


Alhamdulillahnya, bidan puskesmas yang ngecek aku ternyata dulu bidan di Sadewa selama 8 tahun (berkat ngobrol-ngobrol SKSD). 


Aku ditanyain dong: "Mbak mau lahiran dimana jadinya? Mau disini apa di Sadewa?"


Kujawab : "Lho emang bisa mbak saya dirujuk ke Sadewa?"


Bidan : "Bisa lah, gampang itu...kan udah 14 jam ini rembes ketuban dan bukaannya belum nambah-nambah dari pagi. Nanti biar kami bikinin surat rujukannya."


Yaudah lah..karena dari awal aku mau di Sadewa ya aku minta aja lahiran disana. Tapi setauku yang bikin ribet lagi syarat dicover BPJS adalah PASIEN HARUS DIANTAR DENGAN AMBULANCE DARI FASKES 1 ke RS rujukan. 


Tapi lagi-lagi Allah Maha Baik...sama bidan puskesmas aku dibikinin MEMO : Pasien datang sendiri ke Sadewa alias nggak dianter ambulance - karena sopir ambulancenya juga nggak ada (hari Minggu ya ini). 


Biar apa dibikinin memo? Ya biar diterima sama UGD. Kalau enggak, ada kemungkinan tetep nggak dicover BPJS. 


TIBA DI RSKIA SADEWA

Minggu, 15 Agustus 2021 Jam 16.00 kurang sedikit


Tiba di Sadewa. Aku langsung masuk via UGD (bidan puskesmas udah telpon ke Sadewa dan ngasih tau data-dataku. Karena aku emang pasien Sadewa jadi rekam medisku udah ada disana.


Di Sadewa, berkasku udah siap semua. Aku langsung disuruh swab antigen dan nunggu hasil 30 menit. Sambil nunggu hasil, aku disuruh rebahan di UGD dan debay diperiksa detak jantungnya (karena aku bilang debay dikiiit banget geraknya dibanding biasanya). Meriksanya pake alat yang ditempel di beberapa titik di perut terus disambungin ke monitor, nanti nongol grafiknya di kertas. Aku juga disuruh megang tombol, kalo debaynya gerak disuruh mencet. Proses ini berlangsung sekitar 20 menit. Alhamdulillah debaynya sehat-sehat aja semua normal. Hasil swab ku pun negatif.


Setelah itu, adekku diminta urus berkas dan dokumen untuk pesen kamar. Sambil nunggu adek urus kamar, aku disuruh makan (udah dapet jatah makan malem bun...nasi + daging + soto + buah + air mineral) dan dikasih antibiotik.


NOTE : Pasien wajib swab antigen dan penunggu maksimal 2 orang bergantian (1 masuk, 1 keluar) wajib tes GENOSE bayar langsung Rp 25.000. Jadi sebelum urus berkas, adek wajib tes Genose dulu.


Minggu, 15 Agustus 2021 jam 18.30 WIB 


Cek bukaan dan masih stuck di bukaan 2. Akhirnya ditanyain ke dr. Ayu dan aku disuruh minum obat induksi yang ditaro di bawah lidah itu. Obatnya kecil banget, obat yg paling kecil masih dibagi 4 gitu kayaknya. Obat ini harus dibiarin lumer sendiri, jadi nggak boleh diminum pake air. Kirain bakal pahit, ternyata nggak ada rasanya sama sekali.


Sempet mikir, "Duh...kalo minum obat induksi entar anaknya keburu lahir dan mas belum sampe Jogja." (FYI mas posisi di Cilegon. Pas pagi kubilang aku mulai kontraksi jam 10 pagi tadi, mas langsung cari tiket bis dan dapet bis jam 13.00, padahal dah pesen tiket kereta buat besok). Rumi ini lahirnya maju 17 hari dari HPL. 


Tapi....karena aku udah rembes ketuban beberapa kali, aku parno takut air ketubannya abis atau bayinya kenapa-napa. Yaudahlah aku minum aja obatnya.  Kalo emang rejeki mas, ya bisa nungguin anaknya. Kalo enggak, yaudah, udah 2 kali kesempatan nunggu anaknya lahiran hangus deh.  Kzl bun~~ 😂


Abis minum obat, aku segera pindah ke kamar. BPJS ku kelas 2, jadi aku dapet kamar yang isinya berdua. Aku langsung ganti baju pasien dan minum sebanyak yang aku bisa. Pesen dari perawatnya, nanti jam 22.00 bakal diobservasi lagi udah bukaan berapa. 


Mami yang lagi di rumah jagain Saga sempet nelpon, enaknya dateng ke Sadewa jam berapa?  Kubilang jam 9 malem aja, biar Saga tidur dulu. Rencananya mami yang bakal nemenin di ruang bersalin karena perasaanku bilang kalo mas jelas nggak kekejar. Estimasi sampe Jogja jam 2 dini hari.


Minggu, 15 Agustus 2021 jam 20.30


MULAI MULES PARAH. Rasanya sih udah bukaan 4 apa 5 (masih inget rasanya pas lahiran Saga 2 taun lalu). Adek kusuruh manggil perawat buat ngecek dan bener udah bukaan 5. Aku langsung dipindah ke ruang bersalin (prosedurnya masih sama. Bukaan 5 masuk ruang bersalin). 


Sampe ruang bersalin aku minta pipis dulu. Eh..di depan kamar mandi kontraksi makin menjadi. Balik ke bed dan di cek lagi UDAH BUKAAN 8 (katanya gara-gara aku nahan pipis). Lha gimana...mau pipis malah kontraksi mulu  jadi boro-boro mau pipis. Aku sibuk istighfar yakan 🤣.


Minggu, 15 Agustus 2021 jam 21.00


MULESNYA MAKIN MENJADI BUN. Setelah geal-geol kanan kiri karena nggak kuat nahan jangan ngeden, akhirnya dibolehin ngeden juga dan Rumi lahir jam 21.05 dalam 2 tarikan napas. Sebenernya 1 tarikan napas udah keluar kepalanya. Tapi napasku abis jadi ambil 1 tarikan lagi dan mbrojol dengan sukses ~~ . Entah kenapa lahiran Rumi ini cepet banget dan lancar banget. Semua jalan dipermudah, dari dapet rujukan sampe lahiran. Bahkan aku sempet ambil hape buat ngevideoin Rumi pas udah mbrojol sekian detik, posisi plasenta masih di dalem pula 😅.


Selo banget liat Rumi dibersihin sambil kuvideo. Lahiran kali ini lebih berdarah dibanding Saga, soalnya pas Saga dulu bareng pecah ketuban jadi kayak banyakan air dibanding darah. 


dr. Ayu dateng 5 menitan kemudian buat bantu ngeluarin plasenta dan ngejahit jalan lahir.


Rumi dibersihin bentar dan aku dibolehin IMD, jadi aku IMD sambil nunggu bagian bawah dijahit (tanpa bius). Kalo ditanya "Sakit nggak?" MENURUT NGANAAAA.


Ya...sakit nggak sakit sih. Tapi sebanding dengan rasa bahagia pas liat debay sehat walafiat, lahir nggak kurang suatu apapun 😍.


Selesai dijahit dan IMD, Rumi diambil lagi buat diobservasi sama DSA. Aku juga kembali ke kamar inap buat bersih-bersih badan (tapi aku nggak mandi soalnya dingin banget dan ngeri ketemu air 😅). Rawat inap kelas 2 nggak ada water heater jadi mustahil banget aku mandi. Nggak bisa akutu mandi air dingin 😐. Yang penting ganti baju dan pengen segera rebahan.


Satu yang harus diinget adalah HARUS PIPIS NGGAK BOLEH DITAHAN KARENA BISA BIKIN PENDARAHAN. Saking pentingnya buang air kecil ini, perawatnya sampe dateng beberapa kali buat nanya,"Udah pipis belum?"

Jadi setelah dijahit, yaudah kita tetep harus pipis normal. Kalo ditahan malah bahaya. Padahal menurutku perkara buang air setelah dijahit ini yang bikin aku takut.  Bahkan aku sampe takut mau BAB karena takut pas ngeden bakal perih 😭.


1 jam kemudian, Rumi yang dinyatakan sehat dan kondisinya baik, dianter ke kamar biar bisa segera kunenenin dan tidur bareng aku. Asyiiik bisa nyiumin anak bayiiik cintaku sayangkuuuuu 😘😘😘. 


Minggu, 15 Agustus 2021 Jam 23.00

Laper parah. Adek kusuruh beli makan, cuman berhasil dapet roti bakar karena warung-warung udah pada tutup juga. Aku makan sambil nenenin Rumi, balesin WA dan update IGS 😅. 


Senin, 16 Agustus Jam 01.30


Mas sampe di Jogja langsung menuju Sadewa. Karena yang jaga cuman boleh 1 orang, jadi adek pulang, mas yang nemenin di RS. Sebelumnya mas genose dulu juga kayak adek tadi. 


Paginya Rumi dimandiin. Terus siang hari di cek sama DSA nya dan sehat. Kalau Rumi udah pup pertama, dia boleh pulang (tapi tetep nunggu 1x 24 jam, jadi baru bisa urus berkas pulang setelah jam 21.05 malem). 


Sorenya gantian dr. Ayu yang ngecek aku. Dipencet nennya dan ASI keluar. Pipis aman, jadi jahitan inshaa Allah aman. Kata dr. Ayu aku juga boleh pulang (sama juga setelah jam 21.05). 


Senin, 16 Agustus 2021 jam 21.00

Meski boleh pulang besok pagi, aku tetep mau pulang malem ini karena pengen mandi air anget + keramas. Lagian kasian mas tidurnya sambil duduk karena mau tidur di bawah juga sempit kan. 


Mas pun ke ruang perawat dan administrasi buat urus berkas. Aku dikasih obat dan surat kontrol nifas ke dr. Ayu juga surat kontrol Rumi ke DSA.


Alhamdulillah semua dicover BPJS kecuali pengeluaran pribadi. Ini detil biaya yang aku bayarkan. 


Lumayan banyak menurutku. Apalagi sebenernya aku udah bawa perlengkapan semua sendiri dari mulai alat mandi, pembalut nifas, sampe baju dan perlengkapan bayi. Jadi benda-benda dari RS ini  nggak dapet juga nggak papa. Tapi karena udah "sepaket" yaudah sih ya gimana lagi.



Beberapa yang termasuk dalam biaya ini adalah :

1. Biaya antigen : Rp 150.000

2. Biaya TSH dan tes golongan darah : Rp 138.000


Aku rasa cukup jelas lah ya runtutan peristiwa lahiran Rumi ini. Info yang aku dapat KALAU LAHIRAN NORMAL DAN LANGSUNG KE RS TANPA RUJUKAN, KEMUNGKINAN BESAR NGGAK DICOVER BPJS YA. Jadi, bisa jadi dicover (kalau ternyata ada penyulit), tapi bisa jadi enggak. Paling aman tanya ke petugas di Faskes 1, atau kalau udah terlanjur ke RS ya tanya aja (kayak aku pas ke Queen Latifa). 


Pas tau ternyata bayar, aku bilang aja yaudah aku nggak jadi lahiran disitu 🤣. Selama masih bisa nahan buat pindah ke Puskesmas atau RS lain lho ya. Soalnya rugi aja kalo bisa gratis, eh malah bayar. Bagiku 4 juta itu lumayan 😌.


BACA JUGA : Pengalaman Lahiran di Sadewa ( Tahun 2019)


Hmmm...apalagi ya. Kayaknya udah cukup detil sih. Kalau ada yang kurang jelas, bisa tanya di komen ya. Siapa tau aku bisa bantu jawab. Tapi inget...biar lebih yakin mending tanya ke petugas di faskes 1 kalian karena jelas lebih akurat infonya 😁😁.


Berikut ini adalah barang-barang yang aku dapat ketika lahiran di Sadewa. Emang udah komplit sih semua, tinggal bawa baju ganti aja sebenernya nggak usah beli-beli lagi. Yang nggak ikut kefoto adalah kendi gerabah buat wadah plasenta.


Masker, face shield dan hand sanitizer buat aku.

Pembalut nifas, kasa steril dan betadine buat perawatan luka jahit.

Handuk mandi 2 buah, sabun mandi, sikat + pasta gigi, sampo.

Printilan bayi dari baju ganti, bedong, topi, sabun mandi, lotion, bedak, baby oil, gelas dan sendok (kalau bayinya belum mau nen langsung), handuk kecil, waslap, dan diapers 6 buah. 

Dapet ini semua ya bun.


Alamat dan Kontak Puskesmas Mlati 2, Sleman : 

Jl. Cebongan, Cabakan, Sumberadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55286

No. Tlp : (0274) 865909

https://pkmmlati2.slemankab.go.id


Alamat dan Kontak RSKIA Sadewa 

Jln. Babarsari Blok TB 16 No.13B, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

No. Telepon : (0274) 489118

https://www.rskiasadewa.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar