Follow Me @rezadiasjetrani

Kamis, 01 Juli 2021

Biaya Periksa Kandungan di RSIA Puri Garcia, Serang

Hari Minggu, 27 Juni 2021 aku, mas, dan Saga periksa kandungan di RSIA Puri Garcia di Serang. Ini adalah kali pertamaku periksa di Puri Garcia. Lumayan juga jaraknya dari rumah kami di Cilegon, sekitar 20 menit lewat jalan tol.


Berasa mau ke luar kota aja ya lewat jalan tol segala. Biasanya di Jogja cuman lewat ring road 😅.


Sebenernya aku mau lahiran di Jogja, di RSIA Sadewa sama kayak Saga dulu. Tapi berhubung aku udah di trimester 3 dan udah sebulan belum periksa, aku memutuskan buat periksa kandungan rutin. 


Kami sampai jam 8 malam (janjian sama dr. Lutfi Nugroho dan jadwal kontrolnya baru mulai jam 19.00, tapi diubah jadi jam 20.00). Setelah mengisi formulir pendaftaran, timbang berat badan, cek tensi, ditanya ini itu soal kehamilan (basic kayak di RSIA lainnya, kehamilan ke berapa, mens terakhir kapan, anak ke berapa, pernah keguguran belum dll dll), akhirnya dipanggil juga masuk ruangan.


SUASANA DI RUANG KONTROL RSIA PURI GARCIA


Kalau digambarkan nih, ruangannya cukup luas. Meja dan kursi untuk konsultasi rendah seperti ruang tamu di rumah, bukan kayak meja konsultasi yang tinggi dan formal. Karena masih pandemi Covid-19, ada sekat antara dokter dengan pasien. 


Model meja dan kursi yang rendah bikin suasana jadi enjoy. Dokter Lutfi juga ramah, nanya-nanya dulu tentang kondisi saat ini, apa ada keluhan, baru deh lanjut cek adek bayi.


Waktu itu suami boleh masuk dan mendampingi. Aku juga nanya boleh nggak aku ambil dokumentasi dan dibolehin sama beliau. Salah satu nilai positif karena biasanya rumah sakit suka strict banget sama aturan dokumentasi. Boro-boro rekam video, biasanya ambil foto aja nggak boleh.


USG 4D DI PURI GARCIA


Ketika di USG 4D, ternyata posisi kepala bayi udah hadap ke bawah jadi nggak keliatan mukanya, huhuhu. FYI usia kandunganku saat periksa udah 30 minggu. Kata beliau kalau mau jelas bisa mulai cek di 25 mingguan, itu muka bayi masih nyamping atau hadap ke atas jadi bisa keliatan. Sedih sih cuman bisa liat kupingnya aja, karena pas Saga dulu keliatan jelas mukanya.




Oiya, aku kurang paham kenapa yang tampil waktu itu kayak sepotong-sepotong aja areanya. Jadi cuman selingkaran kepala, lainnya gelap. Kalau mau liat area badan ya kudu digeser-geser alatnya. Waktu Saga dulu cakupan tampilannya agak lebih luas jadi kepala + sebagian badan keliatan. Mungkin beda alat beda tampilan kali ya? 


Setelah itu lebih banyak tampilan 2D nya. Dokter Lutfi ini tipe yang banyak ngobrol, ngejelasin kondisi kandungan dan bayi dengan detil tanpa perlu ditanya. Aku rasanya lamaaaa banget periksanya. Jadi bukan yang ini kepala, kaki, bahu, semua sehat bla bla bla terus kelar.


Beliau tuh ngejelasinnya rinci, detil, dan slow aja nggak buru-buru. Air ketuban jernih, posisi bayi sudah sesuai, berat bayi sudah bagus, plasenta juga nggak menghalangi jalan lahir, jari tangan dan kaki lengkap, ginjal dan organ-organ lain sempurna dll dll. Intinya semua hal yang kita perlu tahu (tapi kadang nggak tahu kudu nanya apa) dijelaskan dengan detil. Ada mungkin 15 menitan hanya untuk USG aja. Overall sih aku puas sama sesi USG dan konsultasinya. 


Setelah USG pun, beliau masih ngajak duduk dan ngobrol di kursi. Nanyain, kira-kira ada nggak yang mau kami tanya. Beliau juga ngecek USG dari kontrol-kontrol kami sebelumnya. Obat apa yang diminum, ada keluhan nggak. Terus ngasih masukan harus naik BB per bulan sekian, makan ini itu. Standar sih, hanya penyampaiannya menurutku sangat menyenangkan, seperti ngobrol antara orang tua dan anak. Bukan yang formalitas semata. 


Setelah itu kami pun pamit. Oiya karena kami udah ngerekam hasil USG 4D nya pake hape, kami dicetakin yang 2D dan kena tagihan yang 2D juga 😅. Meski sebenernya pengen punya yang 4D tapi kan udah ada video dan fotonya di hape, lumayan terobati lah.


Ini aku lampirin juga struk biaya kontrol kandungan + USG di Puri Garcia ya. Semoga aku nggak salah info terkait biaya ini (kayaknya sih ini tagihan 2D bukan 4D, soalnya lebih murah). 


Ini rinciannya :

1. Administrasi (pendaftaran) : Rp 30.000

2. Konsultasi dokter : Rp 150.000

3. USG kandungan dan print out : Rp 210.000

4. Sarung tangan (Sensi Gloves) yang aku nggak tau kenapa jumlahnya 6 dan siapa aja yang make karena di ruang konsultasi cuman ada 1 dokter dan 1 perawat😴 : Rp 21.000

DISKON : Rp 65.000

Total biaya yang aku bayarkan : Rp 325.000


Bagiku sih lumayan pricey ya untuk USG 2D, tapi kalau ini 4D (meski dapet print out 2D) ya murah. Apalagi boleh direkam hasilnya. Karena setauku USG 4D itu paling murah untuk di Jogja aja Rp 350.000 belum termasuk jasa dokter dan administrasi.


Kalau mau jelas, kalian bisa hubungi PURI GARCIA,  SERANG aja ya. Ini kontak yang bisa dihubungi : 


No telepon : (0254) 223333

Instagram : @rsiapurigarcia

Alamat : Jl. Grya Purnama No. 99, Drangong, Taktakan, Drangong, Kec. Taktakan, Kota Serang, Banten 42162


Tidak ada komentar:

Posting Komentar