Follow Me @rezadiasjetrani

Selasa, 14 Januari 2020

Menikmati Sunset sambil Menonton Pertunjukkan Akustik dari Puncak Sosok

Setiap kali pulang ke Jogja, aku selalu dibuat takjub akan banyaknya tempat wisata baru di kota ini. Kayaknya tiap bulan selalu ada aja yang baru 😅. Kali ini aku pergi ke Puncak Sosok, tempat wisata malam yang setiap sudutnya menarik untuk dijadikan spot foto.
Puncak Sosok Yogyakarta

LOKASI PUNCAK SOSOK YOGYAKARTA

Berjarak kurang lebih 16 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Puncak Sosok bisa dicapai dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Akses jalannya terhitung sempit dan melewati rumah-rumah warga. Aku yang kesini sama Bayu dan Holly sempet takut kalo nyasar, karena beneran masuk kampung.

JALAN MENUJU PUNCAK SOSOK

Abis lewatin rumah warga, nanti lanjut lewatin jalan nanjak + nikung sehingga keahlian berkendara bisa diuji disini. Untung yang nyetir Bayu. Untung lagi jalur masuk dan jalur keluar kendaraan dibedakan jadi bisa mengantisipasi kendaraan yang berpapasan. Nggak ngerti kalo mobil sama mobil papasan, siapa yang bakal ngalah 😅.

Pas aku kesini kebetulan malam hari, ceritanya abis makan sate klathak. Lampu penerangan masih terhitung kurang. Apalagi jarak rumah warga cukup jauh satu sama lain. Jadi tetap waspada dan jangan sampai ngantuk pas kesini ya. Jika kesini di sore hari,  mata kita akan dimanjakan pemandangan indah perbukitan nan hijau di sepanjang jalan.

Setelah menanjak beberapa menit, kita akan sampai di area parkir. Kukira bakalan sempit, ternyata luas banget. Waktu ada ada lebih dari 15 mobil dan masih banyak area kosong.

Dari area parkir, kita masih harus jalan kaki menyusuri jalan cor blok yang menanjak hingga akhirnya sampai di Puncak Sosok yang dibangun Januari 2018 ini. Disamping kanan dan kiri jalan setapak, diberi penerangan lampu kuning temaram sehingga suasana jadi romantis.

Lumayan lho ya jalan dari parkiran sampe area makan. Apalagi aku lagi hamil. Jalan dikit brenti narik napas. Kalo orang tua yang kesini kayaknya kudu jalan-brenti-jalan-brenti juga 😅.

ADA APA AJA DI PUNCAK SOSOK 

Sebaiknya kesini di sore hari, karena dari Puncak Sosok kita bisa menikmati panorama sunset yang menawan. Malam harinya, di hari tertentu terutama malam minggu ada pementasan akustik. Kebanyakan pengunjung Puncak Sosok yang dateng biasanya duduk santai sambil menikmati pementasan musik akustik.

Pengelola emang udah nyediain panggung terbuka dan set sound beserta alat musik jadi siapa aja bisa tampil. Buat kalian yang pengen tampil atau menampilkan pertunjukan akustik, cukup menghubungi pengelola lalu menyesuaikan jadwal dengan pengisi acara lainnya. Mayan tuh buat tes pasar dan tes keberanian tampil di depan umum 😁.

FASILITAS DI PUNCAK SOSOK

Fasilitas penunjang wisata di Puncak Sosok pun sudah cukup lengkap. Ada warung makan, toilet bersih, mushola, juga gazebo dan spot foto di berbagai sudut. Soal harga makanan, jangan khawatir. Jogja apa sih yang mahal? Amat terjangkau bahkan bisa dibilang murah. Harga minuman jeruk dan teh panas nggak sampe 5 ribu rupiah. Ada wedang uwuh, jahe, dll. Terus ada juga mie rebus, aneka gorengan, dan cemilan ringan lainnya.

Kalo kehabisan kursi, kita bisa menyewa alas yang bisa dipake sebagai alas bersantai. Selanjutnya,  kita bisa lanjut menikmati pesona malam di Puncak Sosok yang menampakkan keindahannya, cahaya lampu hias dengan latar belakang gemerlap lampu kota Yogyakarta seakan menjadi perpaduan yang begitu sempurna.

XOXO,
JETRANI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar