Follow Me @rezadiasjetrani

Jumat, 04 September 2020

Memantapkan Pilihan Pada Susu Pertumbuhan Morinaga Chil*Kid Platinum

Tahukah Bunda, 1000 hari pertama kehidupan (HPK) si kecil adalah masa emas untuk mencapai pertumbuhan yang optimal? Terhitung sejak masa kehamilan, yaitu sekitar 280 hari janin berada di dalam kandungan hingga kurang lebih 2 tahun pertama setelah bayi lahir. Masa ini harus dipergunakan sebaik-baiknya karena Waktu Tak Bisa Kembali.

Karena itu, aku dan suami berusaha memberikan yang terbaik sejak buah hati kami, Saga masih dalam kandungan. Terlebih Saga adalah anak pertama kami berdua. Kami nggak mau menyesal dan berkata,”Duh kenapa dulu nggak begini, nggak begitu. Kenapa dulu nggak dikasih ini, dikasih itu. Makan ini, makan itu dan dan seterusnya.”

Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Sangat Penting?

Dari yang aku baca, menurut para ahli, masa tumbuh kembang paling kritis selama 1000 hari pertama kehidupannya. Fase 1000 hari pertama kehidupan terbagi menjadi tiga yaitu pada masa kehamilan, satu tahun pertama setelah kelahiran, dan masa balita (tahun kedua). Sekitar 280 hari di dalam kandungan, janin akan mengalami pembentukan otak di masa awal. Hingga mencapai usia kurang lebih 2 tahun, bayi mengalami pertumbuhan otak dengan pesat. Demikian pula organ tubuh lainnya akan bertumbuh dan berkembang dengan sempurna.


Pada fase ini, terdapat pembentukan berbagai organ vital, pematangan sistem pencernaan, perkembangan kognitif dan kecerdasan, serta pematangan sistem imun atau daya tahan tubuh. Karena itu dampak pada masa periode emas akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang buah hati kita hingga dewasanya. Tidak memenuhi nutrisi optimal pada 1000 HPK anak bisa berdampak buruk terhadap pertumbuhan otak yang tidak optimal.


Terus kalau pertumbuhan otak tidak optimal, perkembangan kognitif anak bisa terhambat Bun. Gampangnya, bisa berakibat pada berkurangnya kecerdasan buah hati. Nanti kalau sudah dewasa, buah hati bisa tidak berprestasi di sekolah dan tidak produktif saat bekerja. Nggak mau banget kan Bun buah hati kita jadi seperti itu?


Bisa dibayangkan betapa pentingnya masa emas ini. Aku selalu ingat kalimat Waktu Tak Bisa Kembali biar nggak males ketika mengurus Saga. Apalagi ketika dia sudah mulai MPASI. Oh iya, umur Saga sekarang sudah 13 bulan. Kebayang kan masak menu yang berbeda 3 kali sehari untuk makan buah hati, belum lagi masakin suami. Kadang suka mager dan bikinin yang instan atau masak ala kadarnya aja.


Terus, apa aja sih hal yang menentukan tumbuh kembang anak dalam masa 1000 hari pertama kehidupan? Selain genetik, komponen utama yang sangat menentukan tumbuh kembang anak di masa emasnya adalah asupan nutrisi dan stimulasi dari lingkungan. Ini nih detailnya.


1. Nutrisi

Lembaga WHO tahun 2003 merekomendasikan tentang 3 hal pemenuhan gizi, yaitu :

● Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yang dilakukan kurang dari 1 jam setelah bayi lahir.

● ASI eksklusif selama 6 bulan

● Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) dimulai dari usia bayi 6 bulan.


Dengan catatan, makanan yang diberikan memiliki kandungan nutrisi yang cukup seimbang, aman, dan dilakukan dengan cara yang benar. Yang paling utama, kandungan nutrisi harus dipenuhi karena menjadi sumber energi, menjaga fungsi tubuh, dan meningkatkan tumbuh kembang anak. Asupan yang perlu dipenuhi yaitu, DHA dan AA, zat besi dan taurin, Choline dan Zinc. Jangan lupa, kebersihan alat dan perlengkapan makanan perlu dijaga agar anak kita terhindar dari diare ya Bun.


2. Stimulasi dari lingkungan

Jika seorang anak mendapatkan nutrisi, stimulasi, dan kasih sayang yang cukup, maka sinaps otak yang terbentuk akan cukup banyak. Hal ini bisa menentukan kecerdasan anak di masa mendatang.

Pengalaman Kami Membesarkan Saga

Sejak Saga mulai MPASI, kami berusaha memperkenalkan makanan yang beragam untuknya. Sayur, buah, bubur, camilan bayi, juga minum susu selain ASI. Karena kami ingin memberikan nutrisi terbaik termasuk nutrisi tambahan yaitu susu pertumbuhan. Tapi ternyata Saga belum terlalu suka minum susu. Waktu itu usianya masih 6 bulan. Akhirnya aku masih memberikan ASI dan air putih saja untuk asupan cairannya.


Nah, sekarang setelah usianya 1 tahun, pilihan minuman dan makanannya mulai beragam. Untuk makan, teksturnya juga sudah meningkat karena Saga sudah bisa makan nasi. Sebagai sumber nutrisi tambahan, setelah baca sana sini, sharing pengalaman dengan para Bunda lain, akupun memutuskan untuk memberikan Susu Pertumbuhan Morinaga Chil*Kid Platinum yang cocok untuk usia 1-3 tahun.

Perlukah Si Kecil Diberikan Susu Formula untuk Tumbuh Kembangnya?

Tentu jawaban dari pertanyaan ini relatif. Tergantung kebiasaan dan kebutuhan buah hati Bunda masing-masing. Ada yang bilang susu sapi hanya akan membuat tubuh anak menjadi gemuk. Ada yang bilang kalau ASI cukup, kenapa harus minum susu formula? Semua kembali ke pilihan Bunda.


Kenapa Memilih Susu Morinaga Chil*Kid Platinum?

Setelah mencoba beberapa merk susu, aku memutuskan untuk memilih susu pertumbuhan Morinaga Chil*Kid Platinum buat Saga karena punya kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal, untuk Generasi Platinum Multitalenta.


Susu Morinaga ini ada 2 macam:

1. Morinaga Chil*Kid Platinum merupakan susu pertumbuhan Si Kecil di usia 1 – 3 tahun

2. Morinaga Chil*School Platinum merupakan susu pertumbuhan Si Kecil di usia 3 – 12 tahun .

Keduanya tersedia dalam kemasan 400gr dan 800gr. Untuk varian rasa Chil*Kid ada Vanila dan Madu. Saga sih lagi nyoba yang vanila dan sejauh ini dia suka.

Pendapatku Setelah Mencoba Morinaga Chil*Kid Platinum

1. Kandungan Nutrisi di Morinaga Chil*Kid Lengkap

Nutrisi yang menjadi keunggulan susu formula balita Morinaga Chil*Kid adalah asam linoleat, vitamin B12, dan zat besi. Perlu Bunda tahu , kalau zat besi itu diperlukan dalam sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

 

Sedangkan sumber zinc dan vitamin, berguna mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata, saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan kulit.


2. Ada 2 Pilihan Kemasan

Kita bisa memilih mau beli yang kemasan kardus atau kaleng. Harganya pun cukup berbeda meski beratnya sama. Aku memilih yang kaleng supaya bisa dimanfaatkan ulang ketika sudah habis. Ketika tutupnya dibuka, ada semacam lapisan alumunium foil. Didalamnya ada sendok takar berwarna merah. Sebaiknya, segera dikonsumsi maksimal 1 bulan setelah dibuka ya Bun.




Ketika kemasan alumunium foil dibuka, aroma susu formula balita sudah tercium. Menurut saya, aroma susu Morinaga Chil*Kid ini seperti kue manis atau biskuit bayi rasa vanila. Teksturnya pun tidak ada gumpalan bubuk, seperti bulir-bulir kecil jadi mudah larut. Untuk warna bubuk susu agak kekuningan. Di bagian luar dari kemasan terdapat informasi soal cara menyajikan, petunjuk penggunaan, petunjuk penyimpanan, informasi nilai gizi, hingga komposisi bahan.



3. Susu formula Morinaga Chil*Kid Mudah Larut

Ketika sudah dituangkan air hangat, cukup dikocok atau diaduk sebentar bubuk susu Morinaga ternyata cepat larut. Jadi tidak meninggalkan gumpalan susu di bawah botol. Jangan lupa ikuti saran penyajian dan segera dikonsumsi maksimal 2 jam setelah dilarutkan karena setelah itu susu bisa basi.

Kesimpulan

Memberikan nutrisi yang baik dan tepat adalah tanggung jawab setiap orang tua, terlebih di masa pertumbuhan buah hati. Kita akan melakukan apa saja yang terbaik untuk tumbuh kembang mereka. Jika anak sehat, kuat dan cerdas tentu kita sebagai orang tuanya pun bahagia.


Buat para Ayah dan Bunda yang bingung mau memberikan susu apa untuk Si Kecil, bisa mencoba Morinaga Platinum seperti Saga. Susu pertumbuhan dengan berbagai pilihan varian untuk anak usia 1-12 tahun. Info lebih lengkap tentang Morinaga Platinum bisa baca di :

- Website : www.morinagaplatinum.com

- IG : @morinagaplatinum


#WaktuTakBisaKembali #SusuMorinaga #TripleBifidus #GenerasiPlatinum #MorinagaBloggerCompetition #MorinagaChilKid

6 komentar:

  1. Kalo buat anak mah emang gak bisa sembarangan kasih susu. Harus diperhatikan gizinya seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Memang harga nggak membohongi kualitas sih

      Hapus
  2. Anak saya suka sekali dengan Morinaga ChilKid rasa Vanila.Saat berada di fase dia menolak makan, saya jadi tidak terlalu cemas si kecil kekurangan nutrisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa bener. Anak gamau makan itu andalannya susunya dikencengin ya. Aku jugaaa hehe

      Hapus
  3. Anakku juga minum Morinaga Chil school mbak.kandungan nutrisinya lengkap jd tenang deh soal asupan gizi nya setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah tos dulu mom. Sama. Ini Saga udah mau habis aja 1 kaleng. Alhamdulillah Saga suka susunya.

      Hapus