Follow Me @rezadiasjetrani

Rabu, 19 Juni 2019

Pengalaman Senam Hamil di RSKIA Sadewa-Jogja

Nggak kerasa usia kandunganku udah memasuki usia 33 minggu. Sejak lebaran kemarin (6 Juni 2019) aku mulai tinggal di Jogja sampai lahiran nanti. Perkiraan HPL adalah tanggal 20 Juli 2019. Maunya sih mundur paling nggak 2 hari biar bisa masuk #timleo sama kayak aku 😁.


Berhubung sebulan kemarin adalah bulan puasa, kebetulan RSKIA Buah Hati di Pamulang tempat aku biasa kontrol kandungan libur. Alhasil niat hati mau senam hamil sejak usia kandungan 7 bulan, jadi baru mulai di 8 bulan. Yah...better late than never kata orang-orang mah. 

Setelah nanya sana-sini dan pas kebetulan aku dirujuk ke RSKIA Sadewa karena kolesterolku tinggi, aku memutuskan untuk senam pertama kali di RSKIA Sadewa. 

Biaya senam di RSKIA Sadewa 

(Info Juni 2019) adalah Rp 18 ribu rupiah. Kita wajib bayar dulu di kasir bawah, nanti dapet bukti pembayaran kertas warna pink, terus naik deh keruang senam di lantai 3. Nanti kita bakal dapet air mineral (gelas) dan 1 botol susu. Buat menuju ke lantai 3 kita bisa naik lift, keluar lift nanti nelok kanan. Ruangannya ada di sebelah kanan setelah toilet.

Jadwal Senam Hamil di RSKIA Sadewa  

Hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Dari info yang aku dapat, instruktur yang enak ada di hari Rabu dan Jumat bareng bidan Riris. Yang hari Minggu instrukturnya beda. Durasi senam adalah 2 jam dari jam 15.00 sampai jam 17.00 WIB. 


Instruktur senam di RSKIA Sadewa enak nggak????

Nah, ini dia nih. Bakal aku share pengamalanku ya. 
1. Instrukturnya tegas (maunya sih nulis galak, tapi sebenernya baik hati kok). Kalau ngomong blak-blakan...karena melahirkan itu kan urusannya dengan nyawa ya, jadi kita beneran wajib tahu tentang kondisi tubuh kita dan kandungan kita.

2. Pastikan JANGAN DATENG TELAT atau bakal kena semprot. Apalagi buat murid baru. Kenapa? Soalnya kita bakal diajari cara menghitung usia kandungan kita sendiri. Jadi nggak ada istilah "usia kandungan sekian, taunya pas periksa dari bidan/ dokter."

3. Pastikan kita tau POSISI PLASENTA kita ada dimana marena itu penting. Posisi plasenta yang aman ada di atas atau samping, kalau posisi plasenta di bawah alias nutupin jalan lahir, maka kita harus lebih hati-hati ketika senam.

4. Sebelum senam wajib absen, nulis usia kandungan, nulis detil kandungan ke berapa, anak ke berapa, dan riwayat pernah keguguran atau belum.

5. Instruktur akan mengukur tekanan darah kita satu per satu sebelum senam. Pokoknya komplit dah.

Antri ukur tekanan darah dan laporan perkembangan janin sebelum senam.

Fasilitas Senam Hamil di RSKIA Sadewa : 

1. Seperti yang udah kusebut sebelumnya, kita bakal dapet air mineral sama susu. Katanya sih suka dapet snack juga, tapi kemarin aku nggak dapet. Dapetnya susu. Di pertemuan berikutnya baru deh dapet snack dan air mineral. Saranku, mending bawa botol sendiri, nanti ada refillnya di deket pintu masuk jadi nggak perlu nambah sampah air kemasan. 


2. Ruangan senam luas, ber AC, dan bersih. Mampu menampung hingga 20 peserta.
Ruang senam luas dan bersih. Banyak kaca jadi bisa sambil ngaca.

3. Matras dan bantal disediakan. 

Tumpukan matras, ambil dan kembalikan sendiri sebelum dan seusai senam.
4. Ada ruang ganti dan deket sama toilet.
5. Ada kursi buat duduk penunggu (tapi di luar). Jadi yang masuk ke ruang senam cuman para bumil ya~~
6. Ada bilik buat ganti baju di dalam ruang senam.

Materi Apa Aja yang Didapat Kalau Senam di RSKIA Sadewa? 

Sebelum latihan dimulai, kita bakal dikasih sedikit materi tentang kehamilan. Kapan waktu yang tepat buat mulai senam, apa yang sebaiknya ditanyakan ke dokter di usia kehamilan sekian minggu. Terus diajarin teknik bernapas yang baik dan benar bagi ibu hamil, posisi tidur yang dianjurkan, ciri-ciri ketuban yang bagus dan tidak menunjukkan indikasi bahaya. Kemudian di sela latian gerakan senam, kita juga dikasih tau gerakan ini tujuan dan fungsinya apa, cocoknya buat bumil dengan kondisi kandungan seperti apa. Misal posisi bayi sungsang, melintang, dll, kita dikasih tau biar bayinya nanti bisa masuk panggul kudu gimana. 

 Jadi nggak asal gerak dan asal nafas. Intinya sih bakal banyak ilmu yang kita dapet. Sangat sangat sangat sangat worth it dengan biaya Rp 18 ribu. Bahkan itu terlalu murah karena ilmu dan gerakan yang diajarkan beneran komplit dan sedetil itu. 

Apa di RSKIA Sadewa Bisa Pakai BPJS ?
Bisa. Disini ternyata udah bisa pakai BPJS. Syarat penggunaan dan detil lainnya bisa kalian cek sendiri di www.rskiasadewa.co.id ya. Atau telepon aja ke RSKIA Sadewa.

Lokasi RSKIA Sadewa : 

Jalan Babarsari Blok TB 16, Jl. Tambak Bayan No.13B, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

No Telepon : (0274)489118

Apakah bakal balik lagi kesini? Iya. Bahkan nyesel kenapa nggak dari dulu aja ikut senam hamil disini. Itu sedikit pengalaman aku soal senam hamil di RSKIA Sadewa. Semoga membantu ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar