Follow Me @rezadiasjetrani

Rabu, 02 September 2020

Kupersembahkan ASI Terbaik untuk Buah Hatiku

Setelah hamil selama 9 bulan, melahirkan merupakan momen yang paling kutunggu-tunggu. Akhirnya penantianku dan suami untuk bertatap muka dengan buah hati kami datang juga.  

Aku melahirkan di Jogja, kota kelahiranku. Didampingi oleh keluarga dan juga suami yang segera menyusul ke rumah sakit. Awalnya kupikir setelah melahirkan, karena banyak yang membantu, semua akan terasa mudah sehingga akupun tak terlalu khawatir. 


Namun ternyata, ada hal yang tak bisa digantikan oleh orang lain, menyusui. Ya, menyusui adalah sesuatu yang normal untuk ibu memberi makan bayi. Waktu itu aku hanya tahu pentingnya memberi ASI eksklusif selama 6 bulan, kandungan pada ASI, hingga akhirnya aku praktek secara langsung untuk menyusui. 

Pengalaman Menyusui Saga

Beruntung aku bisa melakukan Inisiasi Menyusu Dini atau IMD tak lama setelah Saga lahir. Setelah menanti beberapa jam, akhirnya Saga yang sudah bersih diantar ke kamar rawatku. Akupun diajari untuk menyusui secara baik dan benar, tapi ASI ku belum keluar! Hingga beberapa jam setelah Saga lahir, ASIku masih belum keluar juga. Beruntung keesokan harinya ASIku keluar juga. Lega.


Sungguh kisah menyusui anak pertama itu perjuangan banget! Mulut bayi rasanya susah menempel ke areola. Padahal putingku tidak bermasalah. Lidah bayi yang terasa kasar pun membuat putingku lecet selama seminggu, sehingga momen menyusui adalah saat yang menakutkan karena aku harus menahan perih. Saga menangis karena lapar, aku pun menangis karena putingku sakit sekali. Keadaan waktu itu sungguh kacau menurutku 😅.


Meski demikian, aku dan Saga tak menyerah. Kami sama-sama belajar dengan baik dan hasilnya setelah satu minggu semua terasa lebih menyenangkan. Apalagi saat sudah beberapa jam jeda dan bayi sudah siap untuk disusui lagi, atau jika sudah terlalu lama dan aku merasa payudaraku 'penuh', sangat melegakan ketika Saga menyusu.


Oh iya, menyusui tenyata nggak cuma bikin lapar, tapi juga bikin haus. Jadi aku harus selalu menenggak air. Kalau enggak bakal kekurangan cairan.


Karena aku memutuskan untuk menjadi full time mom, akupun bisa menyusui kapan saja. Menjadi ibu itu ibaratnya 24 jam dalam 7 hari harus stand by. Kalau bayi menangis kelaparan entah malam sekalipun, sebagai ibu kita harus menyusuinya. Kebayang nggak perjuangan seorang ibu seperti apa?

Pentingnya ASI untuk Buah Hati

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya. Dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun. 

ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya. Dan apa yang menjadi asupan Ibu, menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu untuk memperhatikan asupan makanannya, agar bisa memberikan ASI bernutrisi


ASI bernutrisi bisa dilihat dari ASI kental berwarna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain makan makanan sehat dan minum air putih, Ibu sebaiknya juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi suplemen bernutrisi lengkap untuk masa menyusui.

ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

Semenjak hamil, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan juga kesehatan janin, aku rajin mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG). Setelah tanya dan cari info sana sini, Blackmores memang sangat direkomendasikan. Alhamdulillah Saga lahir dengan selamat dan sehat. Setelah Saga lahir, akupun lanjut mengkonsumsi Blackmores PBFG agar lancar menyusui.


Bagi para ibu hamil dan menyusui lainnya, aku mau ngasih info nih kalau dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh pada bulan Agustus, Kalbe Blackmores Nutrition melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media @blackmoresid seputar ASI dan Menyusui. 


Tujuannya untuk meningkatkan awareness Ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati, karena Blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu.

Kandungan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG)

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) adalah suplemen dengan kandungan lengkap, 17 Nutrisi Esensial yang membantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI berkualitas untuk Buah Hati.

Selain itu juga mengandung :

1. Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia

2. Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu

3. Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit

4. Omega 3/ DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.

5. Vitamin dan Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui

Tahukah Ibu?

Berkomitmen dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui, dan memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati, Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Bumi Sehat Foundation telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Kedua belah pihak telah bekerja sama sejak tahun 2017 dan masih berlanjut. Keren ya! 



Pentingnya Dukungan Dari Keluarga dan Orang Sekitar

Selain rajin mengkonsumsi makanan bergizi, minum suplemen, ternyata dalam fase menyusui seperti saat ini, dukungan orang-orang terdekat sangat penting agar suasana hati tetap tenang dan produksi ASI meningkat.


Suami atau ayah biasanya jadi orang pertama yang wajib menemani dan mendukung ibu dalam proses menyusui. Tapi menurutku, dukungan juga harus datang dari pihak-pihak lain seperti :


1. Keluarga

Selain suami, peran keluarga juga penting dalam proses menyusui. Seorang Ibu akan merasa percaya diri ketika menyusui bila didukung oleh keluarga seperti ayah, ibu, kakak, dan adik.


Banyak bentuk dukungan yang bisa diberikan keluarga untuk ibu menyusui seperti menyemangati, memberi kesempatan ibu untuk tidur dan istirahat sebentar, memasak makanan dan camilan untuk busui agar energinya meningkat. Hingga memijati badan busui yang sering pegal karena berada di posisi yang sama terlalu lama.

2. Teman-teman

Sebagai ibu baru, dukungan dari teman-teman adalah hal yang tidak kalah penting. Teman-teman apalagi yang sama-sama menyusui, bisa menjadi pendukung bagi ibu menyusui dengan mendengarkan dan memberi masukan jika diperlukan.


Bagiku, menemukan teman yang 'satu frekuensi' dalam pertemanan seputar menyusui itu sangat penting. Terlalu banyak teori dan mitos soal menyusui yang kadang malah membuatku bingung. 


3. Lingkungan Sekitar

Kalau yang ini adalah pengalaman pribadi. Di Jakarta, bepergian dengan transportasi publik sering kujadikan pilihan seperti naik Transjakarta atau MRT. Dukungan yang kuperlukan tidak perlu berlebihan, cukup dengan mempersilakan atau tidak memberi tatapan heran ketika aku harus menyusui di tempat umum.

Momen yang Tak Akan Tergantikan

Saga kini sudah berusia 13 bulan. Aku masih punya waktu cukup banyak untuk menyusuinya. Semoga saja ASI ku tetap deras hingga ia berusia 2 tahun. Aku akan menghargai setiap waktu yang kuhabiskan untuk menyusui Saga. 


Aku masih ingat ketika Saga mulai usil dan menggigit dengan menggunakan gusi atau gigi mungilnya yang mulai tumbuh. Sakit dan kadang perih sih, tapi mana bisa aku marah.


Tatapan matanya ketika kususui, genggaman tangannya di jariku. Bonding kami terasa makin erat ketika menyusui. Ah, bikin senyum-senyum sendiri pasti kalau mengenang momen ini kelak.


Bagi teman-teman yang sedang hamil atau menyusui, supaya kita bisa sama-sama menyusui buah hati kita tercinta, coba deh minum juga Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Harus dipersiapkan sejak masa kehamilan lho. Blackmores membantu Ibu supaya bisa memberikan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa.

Ibu bisa beli produk Blackmores di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. Jangan lupa cari promo biar makin hemat, hehe.

Info lebih lengkap bisa Ibu baca di :

Instagram : @blackmoresid

Website: Blackmores Indonesia

7 komentar:

  1. akupuuunnn...perjuangan banget ya, pernah mengalami ga keluar ASI di 3 hari pertama pasca lahir, lecet2, sekarang fase digigit gigit 😅.
    mau nyoba blackmores juga ah, secara aku ibu pekerja perlu nutrisi extra 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha semangat ibook ! Seminggu awal emang perjuangan banget sih. Alhamdulillah berarti sekarang udah di fase pasrah dan kebal ya 😅. Selamat menikmati masa-masa mengASIhi 😘😘

      Hapus
  2. Jadi ini bisa untuk ibu hamil dan ibu menyusui juga yaa? Manfaatnya untuk ibu dan bayi pula. Mantap. Memang menyusui seminggu pertama itu dramanya ngalah-ngalahin drakor yes. Wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Aku minum dari hamil, lahiran awal. Terus sempet ganti minum susus sekarang balik ke Blackmores lagi soalnya lebih praktis tinggal buka botolnya, minum deh 2 kali sehari. 😌.

      Iya manfaatnya buat bayi sama ibuknya 💕💕

      Hapus
  3. Terima kasih mama jet sharing pengalamannya setidaknya aku sekarang punya bekal ketuka besok aku jadi ibuuu. Produk ini bakal ku catat, jadi besok-besok enggak bakal pusing cari produk apa yang ok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Herni 💕💕. Semoga segera tiba waktu yang tepat buat melewati proses ini yaa.
      Hihi iyaaa bisa minum Blackmores dari hamil lho 😌

      Hapus
  4. Blackmores emang bikin daya tahan tubuh dan perkembangan anak jadi lebih baik.

    BalasHapus