Follow Me @rezadiasjetrani

Sabtu, 11 April 2020

Nonton Tarian Khas Bali Sambil Makan Enak? Di Laka-Leke Aja!

Waktu liburan ke Bali kemarin, di itinerary ada agenda nonton tari Barong. Hmmm....mikir dong ya. Apalagi di luar sana udah mulai pandemi Covid-19, meski waktu itu di Bali baru ada 1 kasus. Pas SMP dulu udah pernah nonton tarian ini, kayak di panggung pertunjukan gitu. Bawa Saga dan desak-desakan nonton Tari Barong kayaknya skip aja deh. Tapi ternyata, kali ini kita nonton Tari Barongnya sambil makan dan private gitu. 

Hah? Gimana? 
Iya. Jadi ada restoran di Ubud namanya Laka-Leke Restaurant. Mereka punya panggung terbuka yang bisa menampilkan pertunjukan tari, lengkap dengan gamelannya by request. Jadi kita tetep duduk di meja makan sambil nonton tariannya.
Asik banget! 

Bahkan kita bisa minta disediain meja sama kursi yang langsung menghadap panggung biar nontonnya lebih jelas. 

Karena aku sambil mangku plus n*n*nin Saga, aku lebih milih duduk di gazebo di samping panggung. Saga bisa merangkak diatas alas duduk yang empuk.

LAKA-LEKE artinya 'hideaway' dalam bahasa Bali. Restoran ini masih sodaraan sama Cafe Wayan and Bakery di Monkey Forest Road, Ubud.


Nama Laka-Leke emang cocok soalnya restoran ini literally hidden away between two well-known places in Ubud yaitu Monkey Forest dan the unique wood-carving village of Nyuh Kuning.

Makan di Laka Lake Restaurant, Ubud

Kami dateng ke restoran ini di jam makan malam. Dari depan, restonya keliatan asri dan sejuk karena banyak tanamannya. Kalo siang asik kayaknya buat foto-foto. Di bagian depan ada gapura kecil untuk masuk dan langsung disambut kolam yang ada patung bebeknya dan daun teratai lebar. Terus ada sejumlah patung yang biasa ada di setiap sudut di Bali (disini ada patung Hanoman dan Ganesha). Bukan Bali namanya kalo nggak ada patung, lukisan, dan segala macam dekorasi lainnya, kan?
Area makannya ada gazebo-gazebo yang bisa untuk makan ber 4 sampai 6 orang, cocok untuk keluarga. Ada juga area khusus untuk grup besar atau kelompok. Jadi kalo mau makan ramean bisa banget. 

Di bagian tengah ada panggung terbuka yang digunakan untuk pertunjukan. Kalo aku googling sih bagian belakang panggung itu sawah. Tapi pas malem sawahnya nggak keliatan. 

Source : google images

Source : google images

Salah satu hal menarik lainnya di restoran ini adalah mereka punya menu spesial setiap hari Senin, Rabu, Kamis, Sabtu yang udah komplit dari appetizer, main course, sampe dessert . Jatuhnya lebih murah dibanding kita pesen satu per satu. Waktu itu kami dateng hari Rabu dan menunya sih menarik menurutku. Lagian udah laper banget, maunya cepet makan, pulang terus tidur.

Setelah pesen, yang dateng duluan adalah minuman dingin, semacam koktail buah tapi isinya nanas sama pepaya doang yang diiris dadu super mini. Lumayan seger lah.

Abis itu dateng sup (kayaknya sih sup labu) yang rasanya cukup asing di lidahku. Enak sih, tapi karena aku jarang (bahkan nggak inget pernah makan labu), jadi nggak kuabisin. 

Waktu itu udah jam 8 lewat dan aku keburu laper. Pertunjukkan Tari Barongnya juga udah mulai. Tari Barong sendiri intinya menceritakan tentang pertarungan 2 orang raja gara-gara rebutan 1 cewek gitu. Aslinya mereka berdua itu temenan dan lagi bertapa. Nah, sama Dewa mereka diuji dengan kehadiran wanita. Yang satu mewakili kebaikan, 1 lagi mewakili kejahatan. 

Endingnya jelas yang baik yang menang. Tapi nggak sampe ada adegan raja yang menang nikah sama cewek penggoda tadi sih. Nggak se-happy ending itu juga (´▽`). (Duh, sinopsisnya gimana sih! Googling aja sendiri ya biar nggak sesat 😅). 

Kembali ke makanan. 

Mas X juga milih menu yang sama, padahal kami belum tau wujudnya. Semoga aja nggak mengecewakan. Eh, taunya pas dateng...yang dateng 1 tampah.

Iya....1 tampah buat tumpengan! Astaga baru liat wujudnya udah mikir ini mah bisa buat makan ber-4. Gimana ngabisinnya coba ╮(╯_╰)╭ . Berasa lagi ikutan kenduri di Bali. Makanannya baru dateng pas tariannya kelar. Biar kita bisa fokus nonton. Di akhir acara setiap pengunjung boleh foto-foto dengan para penari. Untung nggak ada anak KKN yang lagi makan disini. Kalo ada, jadi KKN di Resto Penari (apasih, Jet 😶).
Di akhir pertunjukkan penonton bisa berfoto bersama para penari.

Akhirnya aku tetep makan semampuku. Di tampah ini isinya ada lawar sayur (yang kita sebut urap), udang di kuah pedes, sate ayam, bebek goreng, chicken wings pedes, perkedel, nasi kuning dibentuk tumpeng, pizza mini, ... banyak pokoknya.

Ini porsi buat 1 orang.

Untuk penutupnya kami diberi puding coklat dan fruit platter. Kurang lengkap apa coba! Nggak paham lagi perutku udah nggak muat 😩.


Karena sayang kalo ditinggalin gitu aja, akhirnya aku bungkus. Nasinya doang yang abis karena ukurannya emang kecil. Lauknya masih sisa banyak. 

Oiya harga se-tampah ini adalah Rp 180 ribu. Itu di luar biaya buat nonton Tari Barong. Jadi kalo kita mau request pertunjukkan tari ini, ada biaya tambahan lagi ya. Soalnya mereka tetep tampil all out, dari kostum, pemain gamelan, sampe durasi tarinya juga sama aja kayak di panggung pertunjukan besar. 

Next time kalo ke Ubud, pesen paket ini mending 1 aja terus minta nasi tambahan. Lauknya cukup banget buat berdua 😁. Bisa juga pesen menu lainnya karena makanan disini rasanya enak. Bebeknya enak. Satenya enak. Cakenya enak. Semua enak! 

Ini kutambahin price list-nya ya.


Lokasi Laka Leke Restaurant

Jl. Nyuh Bojog No.32, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Kontak : (0361) 977565

Jam Buka Laka Leke Restaurant: 

Dari jam 09.00 pagi sampe jam 23.00
Pertunjukan tari dimulai jam 20.00


Tidak ada komentar:

Posting Komentar