Follow Me @rezadiasjetrani

Sabtu, 01 Februari 2020

Pengalaman Camping di Ranca Upas Ciwidey

Seperti yang udah aku tulis di blog sebelumnya, aku, Saga, mas X dan teman-teman kami camping di Kampung Cai Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. Ini adalah pengalaman pertamaku juga dateng ke Ranca Upas.

Ciwidey di Bandung Selatan memang terkenal punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas.
Dulu, nama awalnya adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas dan dikelola oleh Perum Perhutani. Kini, telah dibangun kolam renang air panas yang bersumber dari gunung Patuha serta fasilitas lain yang lebih lengkap dan diberi tambahan nama Kampung Cai di depannya.

Hal itu dikarenakan Ranca Upas memang memiliki kelebihan dibanding tempat-tempat lain, yaitu hamparan padang rumputnya yang datar dan luas sehingga bisa menampung banyak orang.

Sekilas Tentang Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan paling terkenal di Bandung, Jawa Barat. Obyek wisata ini berada satu rangkaian dengan Patuha Resort, Kawah Putih dan Cimanggu yang semuanya berada di Ciwidey.

Ranca Upas terletak di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Suhu disini bisa mencapai 0 derajat celcius ketika malam hari. Dingin banget, jadi PENTING untuk bawa baju hangat. 

Lokasi Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Dari kota Bandung berjarak sekitar 50 km.

Kalau kita lewat tol, setelah keluar dari gerbang tol Soreang, belok kanan menuju Ciwidey. Sampai di pasar Ciwidey, kita tinggal menuju ke arah Rancabali atau Situ Patengan. Pakai GPS bisa kok, kemarin kami bermodal GPS dan nggak nyasar sama sekali 😍. 

Makin ke atas, akan kita temui sejumlah gerbang lokasi wisata yang dimulai dari Patuha Resort di sebelah kanan jalan, Kawah Putih di sebelah kiri, baru kemudian tidak jauh dari Kawah Putih terlihat gerbang Kampung Cai Ranca Upas di sebelah kanan jalan.

Gerbang masuk Kampung Cai Ranca Upas
Loket masuk Kampung Cai Ranca Upas
Ada Apa Aja di Ranca Upas?


1. Penangkaran Rusa

Yang membuat Kampung Cai Rancai Upas terkenal nampaknya adalah penangkaran rusa yang dibiarkan hidup bebas di alam liar.

Rusa-rusa jawa jenis Cervus timorensis ini hanya dibatasi oleh kandang yang besar. 

Rusa-rusa yang sudah jinak ini, jadi favorit untuk teman foto-foto. Bahkan banyak yang foto pre-wedding disini. Banyak juga yang datang pagi-pagi sekali hanya untuk berfoto bersama rusa, tanpa perlu camping karena Ranca Upas buka 24 jam. 

2. Camping Ground

Bagi warga Bandung terutama anak sekolah, Ranca Upas dikenal sebagai  lokasi camping ground. Lahannya yang luas konon mampu menampung hingga 10.000 orang. Saking luasnya, wisatawan bebas mau berkemah di mana saja.

Berlatar belakang gunung yang berdiri tegak, hijaunya pepohonan, beningnya air danau, hamparan padang rumput luas dan segarnya udara pegunungan seakan menjadi paket wisata lengkap.

Bagi wisatawan yang tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, jangan khawatir karena ada tempat penyewaan alat-alat kemah seperti sleeping bag, tenda hingga kayu bakar.

3. Kolam Air Hangat

Meski disebut air panas, tapi nyatanya air yang ada di kolam hangat saja. Ada 2 kolam untuk dewasa dan anak-anak dengan kedalaman yang berbeda pula. Tersedia juga loker, tempat bilas, dan warung makan di dekat kolam.

4. Deretan Warung

Kelaparan saat camping? Jangan khawatir. Deretan warung dengan beragam menu siap memanjakan perut kita. 

5. Fasilitas Memadai 

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Mushola, aula, toilet, tempat parkir,  dan penerangan yang cukup. 

6. Battle Archery, trek motor trail, trek sepeda.

Tiket Masuk Ranca Upas


Wisatawan domestik : Rp 15 ribu
Wisatawan Mancanegara : Rp 25 ribu 

Camping/ orang/ malam : Rp 10 ribu 
Kolam Renang : Rp 20 ribu 

Kendaraan roda 2 : Rp 5 ribu 
Kendaraan roda 4: Rp 10 ribu 
Kendaraan roda 6 : Rp 25 ribu

Kendaraan menginap per unit: 

Roda 2 : Rp 7 ribu 
Kendaraan roda 4: Rp 15 ribu 
Kendaraan roda 6: Rp 30 ribu

Kontak Kampung Cai Ranca Upas

Jln. Raya Patengan Km 11, Rancabali Bandung.

No. handphone 081321835998 atau 085221615551

Tidak ada komentar:

Posting Komentar