Follow Me @rezadiasjetrani

Kamis, 09 Mei 2019

Destinasi Populer Keliling Singapore, Malaysia, Thailand Komplit.

Jaman sekarang, siapa sih yang nggak liburan tanpa ambil foto? Kayaknya sih hampir semua orang ya. Kecuali mungkin kakek nenek kita atau mereka yang emang males foto. Yang jelas bukan aku 😂.

Dalam liburan kemarin, total kayaknya ada 2 ribuan foto yang berhasil diambil. Eits, bukan fotoku doang. Tapi ada foto Holly, Kiki, sama Mami juga. Fotoku sih nggak banyak-banyak amat (ditabok Holly).

Total liburanku kemarin adalah 9 hari udah termasuk PP (pulang-pergi). Destinasi yang aku datengin tentu aja destinasi-destinasi populer turis, soalnya aku ngajak Holly ma Kiki yang baru pertama kali ke luar negeri. Aku sendiri kalau ke Malaysia udah 2 kali dan Singapore 2 kali juga meski nggak keliling-keliling amat soalnya waktu itu cuman transit pas mau umroh, ke Hongkong, sama pas mau ke Maldives.

Jadi aku juga excited buat liburan kali ini, soalnya detil trip ini beneran nyusun sendiri. Jadi ya rajin baca blog, komen blog, sama buka map buat liat jarak dari satu destinasi ke destinasi lain.

Oke, langsung aja aku mulai destinasi mana aja yang "berhasil" aku kunjungi dalam liburan singkatku kemarin dimulai dari negara pertama ya.

BACA JUGA : 13 Hal yang Harus Kamu Siapin Kalau Mau Ke Luar Negeri untuk Pertama Kali

BACA JUGA : 5 Jutaan Keliling Singapore, Malaysia, Thailand All In

SINGAPORE

Negara ini kayaknya nggak bisa dibilang luar negeri sih. Abisnya saking sering dan gampangnya orang kesini. Harga tiketnya juga sering banget promo dan jauh lebih murah dibanding harga tiket domestik. Bahkan kadang lebih murah dibanding tiket Jakarta-Bali PP. 

Saking kayanya orang Indonesia, banyak yang pergi pagi pulang malem ke negara ini cuman buat liburan singkat, makan, belanja, trus balik. Bagooooossss. 

Kemarin pas kesini aku dapet tiket seharga Rp 500 ribu via Traveloka. Biasanya flight paling murah bisa kalian dapet kalo milih penerbangan paling malem atau di jam-jam tanggung gitu. Sampe di Changi sekitar jam 12 malem dan karena tanggung kami tidur di bandara dan nyaman-nyaman aja karena fasilitas disini komplit. 

Nah, destinasi di Singapore yang kudatengin antara lain :
1. Sultan Mosque. Silakan shalat di masjid tertua di Singapore. Kalian bisa refill air minum juga disini dan gratis :)
2. Kampung Glam (kalau mau jajan makanan halal banyak pilihan disini)
3. Haji Lane. Spot foto wajib juga buat yang pertama kali ke Singapore. Mural-mural dan deretan toko warna-warninya bikin memori kamera cepet penuh. 
4. Bugis Street. Tahan nafsu belanja kalian disini ya, ati-ati kalap soalnya harga barang-barang dan makanan disini MURAH-MURAH. 
Ini semua deketan atau bisa dibilang masih 1 lokasi jadi kalian bisa datengin sekaligus.

Abis itu bisa naik bis lanjut jalan kaki menuju Merlion Park. Nanti bakal lewatin Victoria Theatre and Concert Hall. Taman di depannya luas dan cocok buat leyeh-leyeh juga di sore hari. Dari sini bisa milih mau ke arah Merlion Park atau ke Raffles Landing Site (beda arah) tapi sebenernya kalau nggak buru-buru bisa didatengin semua. 
5. Merlion Park yang pas aku kesana LAGI DIRENOVASI. Jadi patungnya ditutupin papan. 😑😑😑
6. Jubilee Bridge kalau mau jalan kaki ke arah Esplanade + Garden by the Bay.
7. Esplanade. Gedung konser yang bentuknya kayak durian. Nggak masuk kesini, cuman bisa liat aja 😅
8. Helix Bridge yang bentuknya kayak DNA. Kalau malem lampunya jadi warna merah dan itu cakep banget kalau difoto.
9. Garden by The Bay (masuk kesini bayar ya. Tapi kalau mau menyusuri tamannya aja dan liat dari luar gratis kok. Cuman pegeeeeellll saking luasnya)
Ini semua juga deketan dan 1 lokasi.
Merlion Park, Jubilee Bridge, Helix Bridge, Kampung Glam
10. Jajan one dollar ice cream di Orchad Road
Little India, Sultan Mosque, Kampung Glam
11. Little India dan makan siang disana (rekomended buat yang porsi makannya banyak). Di sini ada bangunan milik orang Tionghoa yang di cat warna-warni.
12. Universal Studios (tapi nggak masuk). Foto di depan bola dunianya aja, gratis kok 👍
13. Sentosa Island (kesini tinggal jalan kaki aja dari Universal Studios. Ada patung Merlion juga yang lebih besar daripada yang di Merlion Park).
Haji Lane, Sentosa Island, USS Singapore

BACA JUGA : Bagaimana Menuju Melaka dari Singapore

MALAYSIA - MALAKA

1. Susur Jonker Street. Jalan ini merupakan bagian dari kawasan Chinatown di Melaka. 
Abis itu nyebrang jembatan merah menuju kawasan Red Square yang meliputi : 
2. Jembatan Merah terus jangan lupa foto di depan Windmill Dutch Square
3. Stadthuys dan Christ Church Melaka (Gereja yang lokasinya persis di samping Stadthuys)
4. Muzium Belia Malaysia. Tiket masuk : Dewasa RM3.00
Anak-anak RM2.00.
5. Melaka Clock Tower (kudu sabar kalau mau foto disini karena pasti antri)
6. O kilometer Melaka dan air mancur Ratu Victoria
7. Ngelewatin Museum Bahari (nggak masuk soalnya males sih)
8. Susur Melaka River jalan kaki. Ada juga paket wisata naik kapal tapi lumayan pricey buatku.
9. Spot foto warna-warni yang jadi spot foto wajib kalo ke Melaka. Itu lho yang ada tembok tulisan "Khiels"nya 
10. Jajan es cendol khas Melaka, es kelapa muda, egg tart di Jalan Hang Jebat
11. Lewatin Museum Cheng Ho. Mau masuk juga males sih karena Melaka waktu itu lagi rameeee banget turis dari Tiongkok
12. Hunting oleh-oleh di kawasan Red Square
13. Makan chicken rice ball di Ee Ji Ban yang terkenal itu. Nah kesininya naik grab soalnya jauh 😅. Berhubung lumayan pricey, nggak usah makan kenyang disini. Yang penting udah nyicip chicken rice ball sama ayamnya aja 🍽.

Destinasi di Melaka ini semua deketan, jadi kalian bisa dapet banyak spot foto cukup dengan jalan kaki. Beda cerita kalau kalian museum hopping ya karena kalau ke museum akutu nggak bisa karena kudu merhatiin detil koleksi satu-satu. Jadi emang tujuannya foto hunting aja pas itu.
Susur Melaka River, Stadthuys, kawasan Red Square
Susur Jonker Street dan wisata kuliner.

MALAYSIA - KUALA LUMPUR

1. Twin Tower tentu sadjaaaa. Kami kesini malem dan supeeerrr rame padahal udah mau jam 11 malem.
2. Makan malem di Alor Street yang terkenal itu dan bingung sendiri makan apa karena nggak semua halal. Tapi untung akhirnya nemu. Makan berempat abis sekitar Rp 200 ribuan.
3. Belanja oleh-oleh di Sungai Weng Plaza. Kami belanja oleh-oleh  coklat disini.
4. Petailing Street (kawasan Chinatown), beli es kelapa muda sama buah dingin aja. Soalnya mau makan banyakan yang jual babi dan kami udah males nyari halal food. Niatnya nanti makan di bandara aja sambil nunggu boarding ke Thailand.
5. Dataran Merdeka yang meliputi :
a. Sultan Jamek Mosque. Kalau mau masuk kesini pakaiannya harus sopan. Kaum wanita disarankan pakai rok panjang ya jangan celana.
b. Sultan Abdul Samad Building (tapi nggak masuk). Gedung ini dibangun pada akhir abad ke-19 dan digunakan pertama kali sebagai kantor pemerintahan kolonial Britania Raya.

Sayang pas ke Malaysia belom kesampean ke Batu Caves soalnya waktunya mepet sama flight kami ke Thailand. Next time semoga bisa kesana deh.
Kuliner di Alor Street, Dataran Merdeka, Twin Tower, belanja oleh-oleh di Sungai Weng Plaza

THAILAND

Thailand ini lumayan luas, nggak bakalan cukup 3 hari disini. Bahkan seminggu pun kayaknya kurang karena Thailand ini terbagi menjadi beberapa daerah. Ada yang pengen di Bangkok aja,  ke Pattaya, ke Chiang Rai dan Chiang Mai, ada juga yang pengen ke Hua Hin dan Cha Am. Arahnya beda-beda, dan Bangkok itu posisinya di tengah. Saranku, ya fokusin kalian mau kemana, berapa lama, jadi tau mau nginep dimana.

Kemarin aku, mami, Kiki dan Holly fokus di Bangkok sama Cha Am+Hua Hin karena aku pengen ke Santorini Park. Berikut ini adalah destinasi-destinasi yang kami datangi .

BANGKOK
1. Wat Pho (Reclining Budha). Tiket masuknya lumayan mahal aih yaitu 200 Baht.
2. Wat Arun, tiket masuknya 50 Baht. Ada juga yang gratis dan lokasinya masih 1 komplek sama Wat Arun.
3. Garden Palace tapi cuman lewat doang, masuknya 500 Baht kalau nggak salah.
4. Susur sungai Chao Phraya naik kapal. Ini transportasi paling murah meriah dan nggak boleh dilewatin.
5. Asiatique. Kesini bisa naik kapal gratis, terus kalau mau belanja, tempatnya nyaman dan bersih. Jangan lupa nawar ya.
6. Chatuchak Market. Katanya sih tempat belanja favorit, tapi buatku enggak. Selain lorongnya sempit dan bau gotnya rada mengganggu, harganya juga nggak jauh beda sama Asiatique. Tapi silakan mampir kalau ke Bangkok, biar tau aja.


Hua Hin-Cha Am
1. Pantai Cha Am
2. Susur pantai Cha Am. Sepanjang jalan banyak Sevel, jadi silakan hunting makanan instan yang halal. Kalau mau jajan seafood juga disini buanyaaaaak banget warung makan seafood dari yang jualan di pinggir jalan, rumah makan, sampe resto bintang 5. 8
3. Pantai Hua Hin. Masuknya gratiiiiiissssss. Tapi pantainya nggak bisa dibilang istimewa sih. Disini lebih cocok buat orang-orang kaya yang mau nyantai tenang, berjemur di pinggir pantai sambil baca buku.
4. Hua Hin Train Station. Kalau ke Hua Hin wajib kesini. Stasiunnya cakeeepppp dan instagenic.
5. Santorini Park. Berhubung ke Santorini yang asli di Yunani kayaknya belom sanggup, yaudah kesini dulu lah ya. Meski menurutku tempat ini cukup "sekali dateng" aja. Wahananya nggak banyak. Kayaknya 2 jam udah puas main disini. Cuman cocok buat foto-foto aja karena emang tempatnya lucu banget.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar