Follow Me @rezadiasjetrani

Senin, 29 April 2019

Liburan Singkat ke Pantai Karang Bolong, Anyer

Siapa nih yang pemilu tahun 2019 ini golput, atau nggak bisa nyoblos gara-gara liburan? Aku yang sekarang tinggal di Pamulang, masih terdaftar di TPS deket rumah di Jogja. Tapi karena KTP ku sekarang udah Cilegon, katanya sih bisa jadi Daftar Pemilih Khusus alias DPK di TPS sesuai KTP dan beneran bisa nyoblos meski harus nunggu jam 12 siang. Beruntung masih ada surat suara sisa.

Haduh, kok jadi ngomongin pemilu sih, aku kan mau bahas pantai Karang Bolong. Jadi, pemilunya kan hari Rabu, hari Kamisnya mas cuti (Jumat juga tanggal merah dalam rangka Paskah). Karena bingung mau kemana, kami memutuskan untuk liburan ke pantai. Pantai pertama yang kami datangi adalah pantai Sambolo 2, nanti deh kalo sempet aku ceritain. Karena keluar dari Sambolo masih jam 11 an, kami lanjut ke pantai berikutnya dan berakhir di pantai Karang Bolong. Aku kesini bertiga, barengan mas sama Epil (adek mas yang bungsu). Eh sama dedek bayi di perutku juga ding, jadi anggep aja 3,5 lah ya. 

ASAL MUASAL PANTAI KARANG BOLONG

Seperti pantai Sambolo, pantai ini juga berada di ruas jalan utama Anyer-Carita. Awalnya lebih dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga yang diambil dari Suryadilaga, nama orang sakti pada zaman dahulu yang bertapa di tempat ini hingga akhir hayatnya. Tapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan, nama pantai ini akhirnya berubah jadi Pantai Karang Bolong, soalnya pantai ini punya tebing karang besar di pantai yang berlubang di bagian tengah. Satu ujung karangnya ada di tepi pantai dan sisi lainnya menghadap ke laut lepas. Ada yang bilang kalau batu karang itu berlubang akibat letusan Gunung Krakatau di tahun 1883. Hmm bisa jadi bisa jadi sih.

Kalau kalian mau eksplore, di arah timur ada Gua Karang yang punya lubang di bagian tengahnya. Kalo diperhatiin dinding karangnya berupa lapisan-lapisan bebatuan yang sangat unik dan cantik. Nggak tau deh disebutnya batuan apa, secara aku ga ngerti soal perbatuan 😅. Panjang gua kurang lebih 30 meter, lebar sekitar 10 meter, terus tingginya kurang lebih 5 meter. Ini dari hasil baca ya gengs, bukan hasil ngukur sendiri 👍.

LOKASI PANTAI KARANG BOLONG

Pantai Karang Bolong terletak di Karang Suraga, Cinangka, Serang, Banten, Indonesia. Di pinggir jalan bakalan ada petunjuknya kok jadi dijamin nggak akan nyasar atau kebablasan, kecuali kalian lagi tidur. Kalo kalian dateng dari arah Serang, pantainya tentu aja ada di kanan jalan. Parkir kendaraan di sebrangnya ya. Luas, bisa muat belasan mobil dan juga bis besar.

CARA MENUJU PANTAI KARANG BOLONG

Sebenernya ada beberapa jalur alternatif untuk bisa sampai di pantai eksotis yang terletak di Serang ini. Rute yang pertama kalau kalian berangkat dari Jakarta. Dari Jakarta, kalian harus menuju ke Cilegon Barat melalui jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Merak. Jaraknya sekitar 140 km. Lumayan lah ya 2 jam lebih. Nikmatin aja udah perjalanannya. Ati-ati juga soalnya sepanjang jalan temen kalian kebanyakan truk besar. Maklum, kan ini juga rute tol ke pelabuhan Merak.

Abis melewati jalan tol tersebut, lanjut deh perjalanan dari Cilegon menuju ke daerah Anyer. Bisa lewat jalan Lingkar Selatan, atau bisa lewat kota. Nanti bakal ketemu juga di satu jalan yang sama dan tinggal ikutin aja jalan utama Anyer-Carita, orang jalannya itu doang. 

Kalau kalian nggak ada kendaraan pribadi, aduh...jujur agak susah sih kesini. Emang ada angkot yang lewat, tapi kalian kudu ganti beberapa kali dan kudu sabar nungguin angkot ngetem yang lamanya udah kayak nungguin dilamar. Kudu sabar... . Jadi saranku ya bawa kendaraan pribadi aja. 

BISA NGAPAIN AJA DI PANTAI KARANG BOLONG?

Ya banyak. Mau leyeh-leyeh di gazebo, mau duduk-duduk aja, mau pasang hammock di pohon kelapa, mau liatin lautan dari gardu pandang, semua bisa. Asal jangan ngegalau aja sih. Mau galau kok di pantai, ntar malah kesambet. Mending ambil air wudhu trus shalat, lanjut ngaji. In shaa Allah galau terlupakan sejenak dan malah dapet pahala (yaksip).

Yang jelas, jangan lupa bawa bekal sendiri dan alas duduk. Kalo mau jajan juga boleh sih, asal jangan lupa tanya harga makanan atau minumannya dulu berapa. Maklum, kawasan Anyer terkenal mahal dan pedagang makanan suka ngasih harga nggak kira-kira apalagi kalau kalian makan seafood. Aku kemarin sempet baca ada yang jajan di daerah Anyer abis sejuta (nasi 2 porsi 90 ribu, kangkung 3 porsi 200 ribu, ikan 2 porsi 400 ribu, dll). Yah, mungkin karena sering sepi jadi mereka aji mumpung kali ya ngasih harganya.

Oke lanjut!

Pantai ini nggak cocok buat berenang ya gengs, soalnya pantai ini punya potensi membuat arus yang cukup kuat sehingga beresiko untuk berenang. Tapi nggak apa-apa kok, kalian bisa main air di pinggir pantai sambil cari lubang yang pas buat berendam. Kalo pinter motretnya, kalian bakal seperti berendam di jacuzi alam. Atau kalian juga bisa naik ke atas gua karang untuk memandangi lautan dari atas. Viewnya cakeeeepppp.
Bisa main di pinggir pantai kayak gini.
Akar pohon raksasa yang cocok buat sarang nyamuk 😅
Ini tangga buat naik ke atas karang. Nanti ada gazebo juga di atas.
Tangga buat ke gardu pandang yang ada di atas karang. Viewnya langsung laut lepas.
Dari atas gua karang, bisa liat bibir pantai dan laut lepas.

FASILITAS YANG ADA DI PANTAI KARANG BOLONG, SERANG

Di pantai Karang Bolong, udah ada mushola, kamar mandi, penginapan, kolam renang (tapi kayaknya udah nggak dipakai), taman bermain anak, deretan gazebo dan juga warung makan. Itungannya komplit. Bisa juga sewa tenda berikut sound system bahkan penyanyi dangdutnya juga, tinggal hubungi pengelola setempat.
Kolam renang yang terbengkalai. Ini kalo malem kayak apa ya pemandangannya. Hmmm.....
Banyak gazebo yang kondisinya masih baik, jangan lupa bawa alas sendiri ya buat duduk. 
Banyak warung makan juga. Tapi aku nggak jajan disini sih.
Oiya kemarin aku iseng nanya, bisa nggak camping disini dan katanya bisa. Tapi pas aku nanya berapa, petugasnya pake mikir gitu trus bilang,"Rp 200 ribu aja mbak... ." Ini mah keliatan banget dia asal aja ngasih harga.

Yakaliiiik 200 ribu pak. Mendingan saya sewa homestay kalau segitu mah. 

Aku langsung nyeletuk aja bilang,"Gilak mahal banget." Terus ngeloyor pergi.

Eh, pas mau pulang, ketemu petugas yang sama terus dia bilang "Mbak kalau mau camping Rp 100 ribu aja." 

Lah...siapa juga yang mau nawar, bagiku 100 ribu juga tetep mahal orang cuman bertiga atau berempat, tenda bawa sendiri, semua mua sendiri. Aku sebagai mantan anak  camping hanya ketawa dalam hati. Niat camping di pantai ini pun menguap begitu saja~~

HARGA TIKET MASUK PANTAI KARANG BOLONG 2019

Aku kesini di bulan April 2019, dan harga tiket masuk Pantai Karang Bolong untuk hari biasa sama hari libur sama aja yaitu Rp 15 ribu per orang. Parkir mobil Rp 30 ribu per mobil. Ini kukasih liat aja foto harga tiket masuknya ya.

Kesimpulanku, pantai ini termasuk pantai yang lumayan worth it buat dikunjungi, soalnya ada karang bolongnya bukan cuman pantai sama pasir doang. Tapi mengingat harga masuknya segitu, ya cukup sekali aja sih. Maklum, kebiasaan di pantai Jogja yang itungannya murah 😅.  Apalagi Anyer punya belasan pantai lain yang membentang sepanjang jalan, jadi mending eksplore pantai lainnya yang belum pernah didatengin. Tapi semua itu tetap kembali ke selera kalian masing-masing yaa. Selamat liburan dan jangan lupa bawa pulang kembali sampahmu.

XOXO,
Jetrani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar