Follow Me @rezadiasjetrani

Jumat, 05 April 2019

Bagaimana Cara Menuju Melaka dari Singapore?

Pada liburan Maret 2019 kemarin, rute yang kupilih adalah Jakarta - Singapore - Malaysia - Thailand - Jakarta. Namun tak semuanya kudatangi menggunakan pesawat. Rute Singapore - Malaysia kutempuh dengan perjalanan darat alias naik bis soalnya lebih muraaaaaaah. Pas buka peta, ternyata kalau naik bis langsung Singapore - Kuala Lumpur lumayan lama yakni sekitar 6 jam lebih.

Berhubung Holly waktu itu sempet bilang pengen ke Melaka, yaudah aku cek rutenya dan ternyata Melaka ini ada di tengah-tengah, antara SG - KL. Kalau naik bis cuman butuh waktu nggak sampai 4 jam. Wah, langsung deh Melaka masuk ke dalam itinerary kami. Karena nggak mau capek, kami memutuskan buat menginap semalam di Melaka (kayak judul lagu nggak sih?).
Spot foto wajib bagi yang ke Melaka.

Cara Menuju Melaka dari Singapore

Seperti kubilang diawal, kami bakalan naik bis. Setelah cari info sebelumnya, untuk rute termurah, kami bisa naik bis dari Queen Street Terminal (Singapore). Terminal ini nggak jauh dari Masjid Sultan, jadi kalau kalian nginep di daerah Kampung Glam atau Haji Lane, jalan kaki aja kesini. Sehat dan gratis 😅.

Oke, jadi aku jelasin dulu kalau ada 2 opsi buat naik bis rute Singapore-Melaka.

Kurs mata uang :
1 SGD = Rp 10.400
1 RM = Rp 3.500

1. Yang mahal, naik bis langsung selama sekitar 3 jam 54 menit total biaya mulai dari Rp 150 ribu.
Bis yang bisa dipilih :
  • Citiexchange Express (SGD 22) naik dari Kovan Hub Bus Terminal
  • Sri Maju Exoress
  • Starmart Express
  • Delima Express (SGD 21)
  • KKKL Express (SGD 23)
  • Golden Coach (SGD 25)
Pokoknya ada banyak pilihan sih, kalian bisa googling buat detilnya di www.easybook.com . Aku nggak mencoba opsi ini karena lebih mahal. Tapi kalau aku salah info silakan diralat ya di komen, hehe.

2. Yang murah, dengan rute Singapore-Johor Baru-Melaka total biaya hanya Rp 86 ribu.
Singapore - Larkin Terminal (Johor Baru) = 1 jam 23 menit, biaya SGD 3,30 - Melaka Sentral = 2 jam 32 menit, biaya RM 15. Tiket bis dibeli on the spot semua.

Queen Street Terminal ini nggak seperti terminal bis antar negara pada umumnya. Kayak Lebak Bulus doang yang sekarang kecil imut di pojokan. Bisnya cuman ada beberapa karena begitu penuh langsung berangkat. Kemarin aku memilih naik bis Causeway Link soalnya bisnya bagus (tetep yeee). Harganya juga murah, cuman SGD 3,30 (Rp 33.000) udah bisa lintas negara. Demi apa woiiii murah banget. Jogja-Surabaya aja naik bis Sugeng Rahayu 50 rebu taruhannya nyawa 😥.
Queen Street terminal dari kejauhan. Segitu doang besarnya.
Naik bis Causeway Link
Buat yang udah punya Ezlink dan masih sisa, jangan sedih jangan khawatir, kita bisa bayar pake Ezlink guys. Soalnya Ezlink ini kalau sisa dan kita tuker sisanya, kartunya bakalan hangus. Kemarin punyaku masih sisa SGD 8, mau dituker kok eman-eman soalnya harga kartunya SGD 5. Untung bisa dipake bayar bis. Nah, kartu ini masih bisa dipake untuk 7 tahun ke depan jadi sengaja nggak aku tuker. Siapa tau ada rejeki bakal ke Singapore lagi kan bisa dipake nih kartu.
Tiket ini disimpen baik-baik jangan sampe ilang pokoknya.
Oke lanjooooot.

Jalur antrian bis ada 2, aku awalnya juga bingung yang mana, soalnya yang satu nggak antri, yang satu antri puanjaaaaang gitu. Biar nggak salah, kalau bingung ya tanya aja. Ternyata kami harus antri di antrian panjang kalau mau naik Causeway Link. Oke baiklah.

Setelah nunggu sekitar 30 menit, bis kami pun datang. Abis bayar nanti bakal dapet tiket kecil dan simpan baik-baik JANGAN SAMPE ILANG.

Kenapa? Soalnya nanti di perbatasan kita semua harus turun dari bis buat antri imigrasi. Tiket ini berguna buat naik bis lagi. Kenapa begitu? Soalnya bisnya nggak bakal nunggu lama. Kalau kita ketinggalan bis yang tadi kita naiki, kita bisa tetep melanjutkan perjalanan dengan bis lain di belakangnya asal tetep agen bis yang sama. Makanya tiket jangan sampe ilang. Itu juga alasannya kenapa semua barang bawaan wajib diturunkan juga pas di imigrasi soalnya bisa aja bis yang kita naiki ntar beda.

FYI, sopir dan kondektur bis disini nggak banyak membantu dalam hal angkatin koper. Thanks to Holly yang udah bantuin aku angkut-angkut koper. Maklum, bumil kan manja nggak boleh angkat berat-berat. Pokoknya aylafyu Hol!!!! 😅❤❤❤

Baca Juga : Detil Budget Keliling 3 Negara (Singapore, Malaysia, Thailand)

Rute Bis Singapore - Melaka yang Bakal Ditempuh :

1. Naik bis dari Queen Street Terminal (Singapore)
2. Setelah sekitar 45 menit, semua penumpang turun di gate imigrasi di Woodlands, Singapore buat stempel paspor keluar Singapore. Semua barang bawaan dibawa turun juga ya.
3. Abis itu naik bis lagi, antri di jalur sesuai nama bis yang kita naiki semula (nggak bayar lagi).
4. Melanjutkan perjalanan menuju Johor Baru.
5. Turun lagi di gate imigrasi buat stempel paspor masuk Malaysia di JB Sentral. Semua barang bawaan dibawa turun lagi.
6. Nunggu bis dengan nama yang sama lagi buat menuju Terminal Larkin (nggak bayar lagi).
7. Perhentian bis terakhir. Nah, dari sini kita harus beli tiket bis lagi buat menuju Melaka Sentral Terminal.
8. Tiba di Melaka Sentral Terminal
9. Menuju penginapan

Pas di Terminal Larkin, begitu turun bis kita bakal disambut sama calo-calo  yang dengan ramah nanyain kita mau kemana. Awalnya sih aku jawab ke Melaka. Trus bablas masuk ke warung makan (sebenernya buat kabur karena masih belum tau dimana letak loket bisnya). Lagian, emang mau makan dulu sih soalnya kami udah kelaperan. Kalau kalian mau makan, mending makan disini. Harganya murah dan banyak makanan halalnya.
Tiba di Terminal Larkin.
Makanannya komplit dan halal.
Porsi makan disini banyak. Jadi kalau kami makannya dikit, mending pesen 1 buat berdua daripada mubazir.
Berempat cuman abis segini udah sama minum.
Selesai makan, aku sama Holly nyari WC dulu, eh malah ketemu calo yang tadi. Dia ngedatengin sambil bilang,"Sudah mau berangkat? Nanti saya bantu beli tiketnya." Intinya sih dia bakal ngikutin kita mulu. Aku yang udah males langsung jawab aja,"Orang mau ke WC." Abis itu pas mau ke dalem aku sama Holly jalan melipir biar nggak ketemu calo itu lagi. Oiya, pipis di Malaysia (dan Thailand) rata-rata bayar ya. Nggak mahal kok, cuman RM 0,3 atau sekitar seribu rupiah.

Abis pipis, barulah kami ke dalam terminal buat cari loket dan ternyata ada banyak loketnya. Semua harga di loket manapun sama aja. Setiap konter udah dilengkapi komputer jadi mau beli di loket manapun nggak masalah karena terintegrasi. Rute bis, sisa kursi, jam keberangkatan, sampe harga tiket terpampang nyata, jadi nggak ada tuh yang namanya "lebih murah di toko sebelah." Mantap sih ini. Di Indonesia mah harganya nggak terbuka, jadi kudu nanya satu-satu bis ini berapa, bis itu berapa. Belom lagi ntar seatnya nggak tau mana yang masih sisa banyak.
Deretan loket bis di Terminal Larkin.
Bisa beli di mesin tiket juga.

Pas udah di depan loket, ternyata belinya kudu PAKE PASPOR sesuai nama penumpang yang mau naik bis. Akhirnya kami balik lagi ke tempat makan buat ambil paspor Kiki sama Mami. Kami memilih bis Delima yang harganya RM 15 (Rp 52.500).
Beli tiket bis jangan lupa bawa paspor sesuai nama penumpang yang mau naik bis ya.
Bis disini rata-rata udah bagus. Kayak bis Eka gitu lah, bagus banget juga enggak, kalau dibilang jelek juga jauh dari kata jelek. Eksekutif standar lah. Jadi kami pilih aja yang harganya murah, toh tiga jaman doang.

Nggak perlu nunggu lama, bis pun berangkat. Koper dimasukin bagasi tanpa tambahan biaya. Cuman ya itu, sopir bis disini nggak banyak membantu. Jadi mereka cuman bukain bagasi doang dan kita sendiri yang harus masukin. Emang kudu banyak olahraga pokoknya kalau ke luar negeri tuh 😅.
Ruang tunggunya juga bagus.
Sampai di Melaka Sentral.
Setelah menempuh perjalanan panjang, akhirnya bis kami pun tiba di destinasi terakhir yaitu Terminal Melaka Sentral. Dari terminal, kami memilih untuk naik grab menuju penginapan karena bawaan kami banyak.

Yang Harus Diperhatikan Ketika Naik Bis :

1. Dilarang makan dan minum selama di dalam bis.
2. Dilarang membuat kegaduhan (telpon dengan nada keras atau ngerumpi ala mak-mak yang bisa didenger seisi bis).
3. Jangan nyampah, please!!!
4. Tiket bis jangan sampe ilang.
5. Semua bawaan kita dibawa turun pas di gate imigrasi. Koper, ransel, tentengan, semua pokoknya dibawa turun. Jadi pastikan barang bawaan kalian nggak banyak daripada pusing sendiri gotong naik turun bis.

Udah punya gambaran jelas kan rute darat dari Singapore ke Melaka? Semoga bisa membantu temen-temen yang mau backpacking juga seperti aku.