Follow Me @rezadiasjetrani

Senin, 08 Oktober 2018

Keseruan Acara Blogger Vaganza di Ulang Tahun BPJ ke-5

Pada hari Minggu, 30 September 2018 yang lalu aku dan mas Renky, suamiku datang ke acara Blogger Vaganza yang diadakan oleh Klub Buku & Blogger (KUBBU) Backpacker Jakarta (BPJ). Acara ini termasuk dalam rangkaian acara ulang tahun Perayaan Akbar Ultah ke-5 Backpacker Jakarta yang bertajuk BPJ i5timewa di La Piazza, Kelapa Gading. Selain Blogger Vaganza ada juga panggung hiburan, cek kesehatan gratis, bazar, donor darah,  dan pameran fotografi. 
Rangkaian acara HUT Backpacker Jakarta
Komunitas BPJ seperti yang dijelaskan di situs resmi mereka adalah sebuah komunitas travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok). Komunitas Backpacker Jakarta atau biasa disingkat dengan BPJ selalu melakukan travelling atau jalan-jalan ke setiap tempat wisata dengan menggunakan sistem SHARECOST (patungan). Artinya semua biaya akan ditanggung oleh peserta yang ikut dan juga akan selalu ada rincian laporan pemasukan dan pengeluaran, serta dana yang tersisa diinfokan di semua grup BPJ.

Wah, seru ya! Aku habis ini mau gabung ah! 

Acara Blogger Vaganza dimulai pukul 10 pagi, tapi kami baru sampai disana jam 11 siang kurang. Untung acara inti belum dimulai. Maklum, rumah kami berada di Pamulang Selatan. Kebayang kan buat ke La Piazza ini butuh waktu hingga sejam lebih, mana kami naik motor. Pengen sih naik bus transjakarta, tapi berhubung pulangnya kami mau mampir-mampir ke beberapa tempat, akhirnya kami memilih naik motor.

Macet, panas, dan juga jauh! Tapi berhubung pembicara acara ini keren-keren, ya aku sama mas tetep niat buat dateng. Ada mas Arievrahman yang membahas tentang Being a Smart Travelworker, mbak Nunik Utami yang mau ngasih tips supaya tulisan kita bisa muncul di halaman satu google, dan juga teknik fotografi dan bagaimana cara "bercerita" lewat gambar bersama fotografer senior dari The Jakarta Post, PJ. Leo.

Setelah daftar ulang (maksudnya ngisi daftar hadir), kami segera masuk. Seat belakang dan tengah udah lumayan penuh. Sebagai 2 orang yang haus akan ilmu (minum dong mbak makanya), kami memilih seat paling depan. Kalo jaman sekolah nih, yang duduk di barisan pertama biasanya anak pinter-pinter kan. Nah tapi kalau ini sih gara-gara telat. Tapi kan malah enak ya, mau liat pembicara deket, mau nanya deket, trus mau foto-foto juga nggak kehalang kepala orang.

Sebelumnya, perkenalkan ini 2 pembawa acara yang bikin acara makin meriah meski banyak jayusnya, hahahaha.
Duet maut mbak Yunita dan Dayu tanpa Hatmanti

Being a Smart Travelworker  by Arievrahman

Oke. Jadi setelah MC sepik-sepik sedemikian rupa, mulailah mas Ariev "pamer" soal dirinya yang bisa jalan-jalan gratis ke belasan negara dan itu gratis.

GRATIS PEMIRSA. FREE. 
LUAR NEGERI LHO YA INI BUKAN ANYER DAN ITU BELASAN KALI!

Dumaap caps lock. Ya gimana nggak caps lock. Emosi akutu. Envy akutu. Pengen juga akutu. Yaampun mas mbok aku diajak. Aku ke luar negeri baru beberapa kali, Cina, Hongkong, Macau, Malaysia, Singapura sama umroh. Emang sih semua gratis juga soalnya yang bayarin mamiku yang juga hobi jalan-jalan, satu lagi ke Maldives pas itu diajak sama "calon suami" dan dilamarnya disitu (pamer balik :P ). 

(Udah Jet infomu unfaedah,  mending lanjut mas Arif lagi woiii.)

Oke...oke...jadi mas Arif ini, aslinya adalah karyawan swasta. Tapi dia hobi banget nulis dan sering ikutan kuis, baik itu lomba nulis blog maupun lomba foto. Jadi ibaratnya dulu iseng-iseng berhadiah, tapi hadiahnya WARBIYASAK. Mas Arif mulai jadi travel blogger sejak tahun 2012, dia juga merupakan travel planner, penulis buku, social media influencer, dan juga punya bisnis pribadi. Disamping itu, mas Arif masih kerja sebagai karyawan lho yang harus ngantor dari pagi sampe sore, bahkan sampai malem. Tapi dia masih sempet tuh, buat rutin nulis blog ditengah semua kesibukannya. 

Gimana caranya? Nah penasaran juga kan? Untung mas Ariev berbaik hati membagikan tips and trik buat kita yang mau kayak dia.
Mas Ariev sedang memberikan tips and trik untuk menjadi seorang travelworker
Mas Arif bilang, untuk menjadi seorang TRAVELWORKER yang baik, kita harus punya yang namanya time management yaitu:

1. PRIORITIZING
Kita kudu memprioritaskan apa yang harus dan wajib kita selesaikan lebih dulu dari yang penting dan harus segera selesai, sampai yang tidak wajib dan nggak perlu buru-buru diselesein. 
2. SCHEDULING
Kalau udah, bikin jadwal buat nulis dan patuhi. Usahakan selama menulis, kita nggak buka-buka sosial media supaya nggak mudah terdistraksi. Paling baik sih gausah mainan handphone.
3. KEEPING A TO-DO LIST
Usahakan untuk mematuhi to-do list yang udah kita buat dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Bahkan kita bisa menulis disela duduk di ruang tunggu bandara, atau pas lagi duduk di bis Transjakarta lho.
4. RESTING
Istirahat dan jeda juga penting. Jangan sampai terlalu memforsir tubuh dan juga pikiran. Nanti bukannya cepet kelar tulisannya tapi malah sakit.
5. DELEGATION
Nggak usah sok bisa dan sok mampu melakukan segala sesuatunya sendiri. Kalau dirasa perlu, kita bisa lho minta bantuan orang lain buat mencari bahan tulisan kita, atau jadi sumber referensi. 

Mas Ariev di akhir sesinya berpesan kepada kita semua dengan kalimat bijak yang masih terngiang sampe sekarang, berasa nyamuk gitu, "Menulislah, karena kalian tidak akan pernah tahu kemana tulisan itu akan membawamu."

Kenapa dia bisa bilang begitu? Soalnya dia pernah KE INGGRIS dibayarin sama pembacanya yang mengaku terhibur setelah membaca tulisan dia. WAGELASEH. Ke Inggris gara-gara ada orang yang seneng baca tulisannya "doang????" Sungguh turah-turah ya duitnya (bahasa Jawa yang artinya berlebih, sisa).

Selesai terinspirasi oleh mas Ariev, jam udah menunjukkan jam 12 siang lewat. Perutku udah lapeeeer banget. Padahal tadi pagi udah sarapan. Untung aja panitia peka, para peserta dibagiin makanan sama minuman yang wenaaak. Kami dikasih ayam jerit by Titi Kamal sama minuman. Alhamdulillah ya. Bisa dapet ilmu dan juga makanan.
Alhamdulillah dapet makan siang. 

Sampai Jumpa di Halaman 1 Google by Nunik Utami

Berikutnya giliran mbak Nunik Utami
Berikutnya datanglah mbak-mbak cantik berbaju pink yang bernama mbak Nunik Utami. Masih muda, ceria, dan bersahaja. Penampilan mbak Nunik ini nampak "enerjik" dan bikin aku seneng liatnya. Plus ilmu yang dia bagikan nggak main-main, soal SEO. In udah sering aku denger, tapi ya gitu. Jarang dipeduliin. Akutu kalo nulis ya nulis aja. Kadang judul ya apa yang menurutku menarik, nama link juga nggak diganti, jarang ngasih backlink, trus baru tau juga soal metadata.

Ternyata semua itu penting! Makin banyak dan informasi penting yang ada di blog kita, maka kemungkinan untuk tayang di page 1 google makin terbuka. Kalau tulisan kita ada di page 1, otomatis pembacanya makin banyak karena kalau orang searching, tulisan kita nongol tuh diatas sendiri. Kebiasaan orang adalah mencari informasi hanya mentok di 1 dan 2. Jarang banget yang rajin klik sampai page 5 keatas. Jadi, gimana caranya usahakan tulisan kita itu informatif, judul menarik, dan menggunakan keyword yang sering dicari orang.

Misalnya nih :
1. Bagaimana menghindar dari pertanyaan Kapan Nikah dan Kapan Punya Anak setiap kali kumpul keluarga?
2. Bagaimana menghindari tukang parkir yang tiba-tiba muncul pas kita belanja, padahal tadinya mereka nggak ada?
3. Bagaimana cara meluluhkan hati mertua?
4. Bagaimana cara menyuruh suami buat ganti kaos kaki setiap hari dan buang sampah di depan sebelum jam 7 pagi soalnya keburu tukang sampahnya lewat, tanpa harus diingatkan tiap hari?
5. Bagaimana cara ............ (mbak woi stop mbak malah curhat).

Ahahahaha dumaap malah keterusan. Contohnya bukan itu ya. Caranya cukup ketikkan sejumlah kata kunci, nanti kalau muncul beberapa pilihan, nah berarti kata kunci itu sering dicari orang.

Bercerita Lewat Kamera by PJ. Leo

Setelah dapat ilmu dari mbak Nunik (yang aslinya lebih panjang dan lebih detil lagi, semoga nanti ada waktu buat berbagi ilmunya ke kalian), berikutnya kami diajari teknik fotografi oleh Om Leo. Teknik disini bukan praktek motret lho ya, tapi gimana supaya kita bisa mengambil gambar yang baik guna mendukung tulisan di blog kita.
Om Leo berbagi tips bagaimana cara mengambil gambar supaya hasilnya bagus dan mendukung tulisan kita

Berikut ini ada beberapa tips yang om Leo bagikan:  
1. Pastikan lensa ponsel/kamera bersih.
Jangan sampai hasil foto kita buram karena lensa kotor oleh debu, minyak, atau bahkan keringat yang menempel melalui jari-jari kita.
2. Perhatikan arah cahaya dan juga waktu yang tepat kapan cahaya terbaik datang,  karena cahaya juga menentukan hasil akhir gambar dan bisa memberi efek visual yang dramatis pada foto.
3. Harus jeli untuk komposisi menarik. Leading lines adalah elemen garis-garis dalam foto yang menuntun mata untuk menelusuri frame foto.
4. Perhatikan warna objek foto dan juga warna background dari objek tersebut. Antara objek dan background warnanya harus kontras ya. Perhatikan background atau foreground. Misalnya rumput, ilalang, atau embun sebagai foreground supaya foto kita lebih hidup.
5. Komposisi Objek. Coba terapkan berbagai macam angle dan posisikan objek foto dengan komposisi yang berbeda-beda. Memotret detail seperti wajah, logo, ikon tertentu juga diperlukan lho teman-teman.
6. Editing Foto. Kadang keterbatasan teknologi pada kamera mebuat gambar tidak menampilkan warna sesuai dengan aslinya atau kurang hidup. Sah-sah aja kok melakukan editing pada foto yang kita ambil.

Om Leo juga berpesan, jangan mengunggah foto berisi tempat-tempat yang sudah umum supaya blog kita beda dengan yang lain.

Setelah 3 pemateri selesai menyampaikan materi, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore lebih. Wah, saking serunya jadi nggak kerasa kalau tenyata lama juga ya. Abisnya gimana, selain dapet makanan, banyak hadiah, dan juga materi yang disampaikan seru, aku dapet banyak ilmu. Makanya sampai lupa waktu. Semoga ke depannya Klub Buku & Blogger (KUBBU) Backpacker Jakarta (BPJ) bisa ngadain acara buat blogger yang super seru kayak gini lagi ya!
Banyak hadiah yang dibagikan
Terimakasih Backpacker Jakarta dan Selamat Ulang Tahun yang ke-5! 

7 komentar:

  1. Thx for coming bojone Mas Renky.. 😁😁
    Semoga suatu saat tulisan ini bisa bikin mbak jet rani jalan² gretong..

    Btw congrats ya, dapet jalan² gratis ke Toraja bareng Laudya Chintya Bella.. 😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii den. Hahahahaha iyaa Aamiin semoga bisa menang biar bisa jalan-jalan sama kalian. Weeh kok tau aja kamu aku jalan2 sama sodara kembarku 😂😂

      Hapus
    2. Hahhaha..
      Iya tahu mbak, karena salah satu dari 4 pemenangnya itu anak Kubbu & BPJ juga, si Achmadi Anggi.. 😂😂

      Hapus
    3. Yaampuuun si Madi. Dunia sempit emang. Tu anak jalan2 mulu masih ikutan kontes aja dia. Hahahaha. Kamu ga ikutan? Kalo menang bs jalan2 bareng kita. Jarwo mah gaudah diajak dia dah pernah taun lalu ke Toba sm mbak Bel

      Hapus
  2. Balasan
    1. Halo mas salam kenal. Iyaa pengen gabung di Kubu dan semoga sama2 bisa belajar banyak hal ya :)

      Hapus
  3. Mbak, kalau ada yang tanya kapan nikah dan kapan punya anak, cukup jawab "Apa hak anda bertanya seperti itu "
    Kelar kan.... wkwkwk....

    BalasHapus